Friday, February 22, 2008

Marx, Critical Theory, dan Blogger???


Lalu pertanyaan semua orang adalah, apa hubungannya??? Jadi gini ceritanya, Marx itu menulis tentang keterasingan manusia, akibat kapitalisme. Karena pada saat itu kapitalisme benar-benar memeras tenaga para buruh dengan upah murah, dan jam kerja yang tak terbatas. Makanya Marx menyebutnya sebagai keterasingan manusia, akibat pekerjaan yang memperlakukannya sebagai mesin produksi. Para pekerja yang terasing ini disebut sebagai kelompok yang termarjinalkan oleh sistem kapitalisme.

Kemudian muncullah turunan dari pemikiran Marx, yang dikenal sebagai Critical Theory. Tidak sekeras Marx dalam melihat kapitalisme, tapi masih menyadarkan diri pada pemikiran tersebut. Critical Theory melihat banyaknya kelompok-kelompok yang termarjinalisasi, bukan hanya secara ekonomi, tapi bisa juga secara sosial, budaya, dan lain lain. Inilah yang membedakan dengan Marx, yang hanya berbicara pada aspek ekonomi. Oleh karena itu kita perlu melakukan pemberdayaan kaum yang termarjinalkan ini, begitu menurut Critical Theory.

Lalu bagaimana kaitannya dengan Blogger??? Inilah menariknya, ketika aku diminta untuk mengkonsep acara tentang para blogger untuk peluncuran All New Corolla Altis, aku terinspirasi dengan pemikiran Critical Theory. Jadi sudut pandang yang diambil adalah tentang pengakuan, sesuatu yang sifatnya partisipatif.

Karena selama ini mereka masih dianggap minoritas, kaum yang jarang dilirik oleh kaum mainstream. Kaum mainstream itu misalnya media konvensional yang ada saat ini (misal tv, radio, majalah, koran dll. Padahal para blogger, adalah kalangan yang potensial untuk jadi mesin PR.

Mereka yang berpengaruh di blog, biasanya punya penggemar loyal. Dan tulisannya akan dibaca oleh para penggemarnya. Bedakan dengan media konvensional, betulkah semua kolom di koran dibaca? Apakah semua acara ditonton? Dan hebatnya lagi tulisan di blog bisa memasang link satu sama lain, dan juga mereka akan memasang link ke website Toyota.

Maka jadilah sesuatu yang menggemparkan dunia blogger bahkan sebelum acara, karena pendekatan partisipatif, Anda bisa baca ditulisan Ndoro Kakung, Pak Dewo, Pak Roni, dan Mas Andri.

Dan acaranya alhamdulilah berjalan lancar, dan menuai buzz yang sangat besar gaungnya, lebih dari yang diduga. Akhirnya apa yang aku impikan sebagian tercapai. Aku pengin menggabungkan dunia ide dan filosofis yang rumit dan mengawang, dengan dunia praktis. Selama ini sepertinya dua dunia ini, terdapat jurang yang begitu lebar...

Semoga ini adalah awal yang baik untuk sebuah kesuksesan berikutnya.


Jakarta 220208
Siang yang Cerah,,,

6 comments:

mei said...

Tuhu, you're amazing

tuhu said...

You are more than amazing kok Mbak...

Wazeen said...

waw gw ndak nyangka bro lo adalah salah satu tim sukses acara corolla ini, selamat yaks, you're rock man!

tuhu said...

Makasih buat dukungannya...

Mbelgedez said...

Munculnya sosok sang Juragan Nyang Ndak Ada Kerjaan dalam Post All New Corolla 2008 (nyang selama ini misterius), lebih menghebohkeun lagee....

:lol: :lol: :lol:

tuhu said...

Heheheh akhirnya tabir terbuka...