Wednesday, February 13, 2008

Demam Cinta Laura Makin Membara....

"udah ujan,becek,gak ada ojek...." , aku yakin pasti Anda pernah dengar kata-kata ini. Yayaya, itu adalah salah satu kosa kata yang dipopulerkan Si Cinta Laura. Menarik untuk disimak, bukan dari gaya bahasanya yang agak kebule-bulean. Tapi siapa dibalik Si Cinta Laura, yang berhasil menciptakan citra tersebut. Sehingga nama Cinta Laura melesat tajam, dan menjadi pembicaraan dimana-mana.

Bayangkan kutipan kata-kata Cinta Laura itu, masuk ke e-mailku lebih dari 3 kali, dikirim atau di forward oleh banyak orang. Belum lagi pembicaraan di kantor, di seputaran teman-teman gaul, bahkan terakhir aku lihat di status gtalk seorang teman. Wowww luarrr biasa, betapa Cinta Laura dibenci, tapi sekaligus dicinta (tanpa sadar) oleh banyak orang.

Ini menunjukkan beberapa hal menurutku. Pertama, para manajer artis Indonesia makin profesional mengelola "barang dagangannya". Mereka mulai sadar perlunya personal brand dari seorang public figure. Karena di tengah persaingan dunia artis yang sangat ketat, begitu banyak sinetron, begitu banyak wajah baru. Si pendatang baru yang pengin eksis, harus punya sesuatu yang beda. Sesuatu yang layak untuk diperbincangkan.

Kedua, sepertinya dalam memasarkan Cinta Laura, timnya telah melakukan integrated marketing communication. Mereka menciptakan kalimat-kalimat yang aneh, yang terkesan lucu, bodoh, namun menghibur. Misalnya coba lihat kutipan di atas, kutipan itu mempunyai akhiran huruf yang sama hampir di semua kata. Dan ini menurut aku bukan kebetulan belaka.

Ketiga, yang perlu dicermati adalah, internet menjadi alat komunikasi yang luarrr biasa untuk menyebarkan citra tersebut. Bayangkan orang-orang profesional yang tidak sempat nonton infotainment pun, jadi tahu soal Cinta Laura. Dari mana??? Ya dari milis, dan tren yang terpasang di status Mesessenger. Karena orang Indonesia itu terlalu aktip dan ekspresip, jadi statusnya selalu sangat update.

Pilihan Cinta Laura yang bergaya genit dengan gaya agak bule, sangat pas untuk unique selling point (USP) dia, agar segera menarik perhatian publik. Karena apa???

Pertama, dia memang keturunan bule, yang merupakan standar tidak tertulis kalo Anda ingin jadi artis di Indonesia saat ini. Kedua, orang Indonesia menganggap yang agak kebule-bulean itu selalu keren dan oke. Walaupun hampir semua yang membicarakan Cinta Laura, bilangnya benci dan jijik dengan gayanya yang sok bule.

Kita lihat saja, berapa lama tren gaya Cinta laura akan bertahan??? Sebelum orang akan membicarakan public figure lainnya, yang bikin kehebohan baru...


Jakarta, 130208
Sore-sore Mari Kita Jalan-jalan ke Senayan City...

No comments: