Thursday, May 08, 2008

Komunitas yang Sedang Naik Daun...

Belakangan ini, mendadak banyak sekali klien yang minta dibikinkan komunitas, atau ingin tahu apa itu komunita. Terutama mereka tertarik dengan komunitas online. Mengapa sekarang komunitas menjadi tren? Ini sebuah pertanyaan menarik.

Menurut saya ada beberapa hal, yang menyebabkan komunitas menjadi seksi di mata para pemasar. Pertama, para anggota komunitas biasanya sangat loyal, dan mempunyai ikatan yang sangat kuat antara satu dengan lainnya. Kedua, pendekatan ke komunitas itu lebih efektif karena Anda berbicara dengan orang memang antusias dan membutuhkan produk Anda.

Lalu mengapa sekarang komunitas menjadi begitu hebatnya, dan diburu oleh pemasar? Ada beberapa faktor juga yang menjadi penyebabnya. Pertama, tak bisa dielakkan lagi kehadiran internet membuat komunitas tumbuh subur. Karena orang-orang dengan kesamaan karakter dan minat, tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Orang dengan dengan minat yang sama bisa bertemu di forum, mailing list, atau groups yang disediakan oleh situs jaringan sosial.

Kedua, saat ini begitu banyak merek dan pilihan bagi konsumen. Kelimpahan pilihan membuat konsumen terkadang bingung, dan tidak bisa membedakan satu produk dan lainnya. Maka pada komunitaslah mereka akan meminta rekomendasi produk yang layak untuk dikonsumsi.

Makanya jangan heran, bila banyak sekali perusahaan yang mulai menerjunkan karyawannya untuk berkelana ke berbagai mailing list dan forum. Menjadi pengamat dan pendengar suara konsumennya, lalu kemudian sesekali mengadakan kegiatan offline untuk mempererat ikatan emosional antara produk dan konsumennya.

Karena di era berlimpah pilihan saat ini, konsumen menjadi sangat sentimentil. Keputusan pembelian lebih didasarkan pada isu-isu yang dianggap penting bagi mereka, dibandingkan produk itu sendiri.

Jakarta, 080508
Saatnya Menulis Lagi...

No comments: