Thursday, May 22, 2008

Nasib Produk Anda di Tangan Google???

Saya terhenyak sejenak, saat mendengar cerita seorang teman. Dia melakukan riset terlebih dahulu mengenai brand-brand Bis antar kota melalui internet, saat kita akan bepergian keluar kota.

Seorang teman lainnya, pernah cerita. Dia melakukan riset terlebih dulu di internet, saat akan berlangganan tv kabel. Lalu apa kesimpulannya? Internet sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian sebuah produk.

Anda mungkin selama ini berpikir, buat apa serius menggarap internet, toh di Indonesia orang masih jarang bertransaksi online. Tapi ingat bahwa konsumen saat ini semakin canggih, sebelum melakukan pembelian mereka melakukan riset dulu di internet. Dan sayangnya mereka ini, adalah mereka yang siap membeli.

Mereka biasanya akan "Googling ajah". Dan google akan menyajikan semua informasi, yang berkait dengan produk yang dicari. Bayangkan bila komplain tentang produk Anda di blog, forum, atau situs suara konsumen semacam pintu.net mendominasi, maka konsumen akan urung membeli produk Anda.

Mungkin Anda berpikir, apakah konsumen akan percaya begitu saja dengan orang-orang tanpa kredibilitas? Sebenarnya selama ini konsumen juga tidak terlalu perduli dengan kredibilitas. Dulu mereka bertanya pada tetangga kanan kiri, teman sekerja, atau orang yang pernah mengkonsumsi produk tersebut.

Nah sekarang, semua itu bisa mereka temukan di internet, dengan lebih terorganisir. Bahkan situs suara konsumen, atau beberapa situs lainnya seperti Amazon, mempunyai fasilitas untuk memberikan rating bagi setiap produk plus kolom komentar yang sangat interaktif.

Kehadiran internet juga menyebabkan searching cost konsumen menjadi sangat murah. Dulu konsumen, tidak terlalu banyak melakukan riset sebelum membeli untuk sekedar membandingkan harga, karena perbedaan harga yang didapat tidak sepadan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencari harga yang termurah. Di internet, mereka bisa membandingkan harga produk yang sama dari berbagai gerai di saat yang bersamaan.

Kesimpulannya, ada begitu banyak hal yang berkait dengan produk Anda di internet, bukan hanya sekedar online sales. Konsumen mungkin tak membeli, tapi mereka meriset di internet. Selamat datang generasi googling, bagaimana menurut Anda?

Jakarta, 220508
In A Hurry

4 comments:

Andhee said...

Berarti tantangan berikutnya ada di Online Consumer Behaviour, gimana caranya Men-drive konsumen kepada informasi yang tepat sesuai dengan persepsi konsumen itu sendiri. Apa ada cara lain yg efektif selain teknik SEO?

tuhu said...

ketika berhubungan dengan consumer generated media, persepsi itu tidak dapat diarahkan lagi. U must go with what consumer think. Konsumen gak bisa diatur untuk mempersepsikan sesuatu. Yang bisa dilakukan hanyalah membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dan membuat produk yang berkualitas yang memuaskan konsumen. sehingga mereka tidak akan menulis sesuatu yang buruk. SEO kan hanya gimana caranya website korporat muncul paling atas, lalu bagaimana dengan informasi lainnya yang ditulis oleh orang lain atau konsumen?

Mbelgedez said...

Jadi, kalok mau nyari Printer nyang serba bisa, klik Mbelgedez.com ajah....

kabouuurr...***

venus said...

google??? aaah, aku menghamba kepadanya, dan bahagia menjadi budaknya, huehehehe....