Friday, May 02, 2008

WOM All New Corolla Altis Masih Berlanjut

Beberapa waktu yang lalu, Virtual Consulting dipercaya oleh Toyota Astra Motor menjadi konseptor dan partner untuk mengundang blogger dalam rangka peluncuran All New Corolla Altis. Saat itu reaksi dari blogger memang sangat luar biasa, menimbulkan heboh dimana-mana, bahkan sampai juga ke media cetak.

Di milis-milis juga sempat terjadi perdebatan, apakah ini efektif atau tidak. Beberapa orang mengkritik, namun ini justru memberikan masukan yang sangat berharga. Karena ini adalah pertama kalinya, dalam dunia pemasaran dan humas di Indonesia. Dan satu hal yang cukup mengagetkan adalah, efek word of mouth tentang acara ini ternyata masih terus berlanjut.

Penyebabnya, adanya seorang Hermawan Kartajaya yang sangat berpengaruh di dunia marketing Indonesia menjadi evangelist dari acara itu. Ia bercerita dalam berbagai seminarnya, yang kemudian ditulis juga di majalah Mix. Studi kasus All New Corolla Altis, akan menjadi topik bahasan juga di Workshopnya yang akan diadakan pada 16-17 Mei 2008. Karena tahun ini menurut Hermawan adalah eranya marketing yang merangkul komunitas online.

Blogger Luncheon with Corolla Altis bisa terus menimbulkan efek bola salju, didukung oleh beberapa hal. Pertama, ini adalah sesuatu yang pertama kali dilakukan. Tentu saja Anda tahu sesuatu yang pertama, selalu mendapatkan perhatian lebih. Suatu yang pertama merupakan salah satu faktor yang akan menciptakan berita atau word of mouth.

Kedua, pemilihan blogger juga tidak sembarangan. Kami dari Virtual melakukan pemilihan blogger yang akan menjadi talker yang berpengaruh pada banyak komunitas. Ketiga, pendekatan yang dilakukan kepada para blogger juga sangat berhati-hati. Kalau dalam bahasa Hermawan Kertajaya, kita mendalami dulu desire dan anxiety dari blogger.

Sudah saatnya pemasar tidak memandang sebelah mata komunitas online. Mereka itu eksis dan terus membesar. Apakah Anda akan tetap terdiam, dan disalip pesaing? Ini adalah pilihan...

Beberapa tulisan blogger tentang acara tersebut bisa dibaca di sini:
Blog Sebagai Media untuk Corporate Communication
Ketika Produsen Mobil Mengundang Blogger
Mengintip All New Corolla Altis
Indonesia First Bloggers News Conference
Toyota Luncheon
The First Blogger All New Corolla Altis Test Drive

Jakarta, 020508
Hari Menggelap...

No comments: