Thursday, May 15, 2008

Tips Membangun Komunitas

Dalam artikel sebelumnya, saya pernah menulis bahwa saat ini komunitas sedang naik daun. Lalu bagaimana caranya menangani komunitas ini? Akhirnya saya mendapatkan sebuah pencerahan dari blog NowIsGone. Blog ini membahas apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun komunitas.

1. Jangan pernah mengontrol pesan
Ini adalah era yang berbeda dari sebelumnya, dimana saat media masih sangat terbatas, maka pemilik merek bisa mengontrol berita dan pesan yang beredar dengan mudahnya.

2. Kejujuran, etika, dan transparansi.
Ketiga hal diatas merupakan sebuah keharusan, karena dalam komunitas semua orang itu merasa terkait secara emosional.

3. Partisipasi dalam komunitas
Saat kita memutuskan untuk menggarap pasar komunitas, maka pemasar harus terlibat di dalamnya secara aktif. KIta tidak bisa hadir hanya saat mau mengirimkan iklan. Komunitas itu tentang keterkaitan secara emosional.

4. Komunikasi ke Audiens itu sudah gak jaman
Anda sedang hidup dijaman internet yang interaktif, jadi tidak bisa lagi komunikasi satu arah. Apa yang harus dilakukan adalah melibatkan konsumen, dan berdialog dengan mereka.

5. Berikan Nilai Tambah
Keterlibatan Anda secara aktif di komunitas, untuk mendengarkan, berdialog dengan mereka membuat Anda bisa memberikan kontribusi informasi yang penting untuk mereka.

6. Berikan informasi bukan propaganda
Ini yang agak susah, kebanyakan pemasar tidak sabar saat memasarkan ke komunitas. Mereka hanya memindahkan paradigma iklan ke pemasaran di komunitas, yang tentu saja tidak jalan. Berikan ke komunitas sesuatu yang inspiratif, dan menarik maka mereka akan dengan senang hati menyebarkannya.

7. Tambahkan sarana yang memudahkan komunikasi
Gunakanlah RSS Feed, dan saran lainnya yang memudahkan pengunjung untuk kembali ke berkunjung.

Jakarta, 150508
In A Hurry

No comments: