Thursday, July 20, 2006

Banyak Hal Terlupakan…

Kegiatan kemarin adalah sebuah pengalaman baru menjadi ketua sebuah kegiatan bakti sosial di daerah Bantul membantu korban Gempa, dengan sedikit berbagi pengetahuan dan membangkitkan semangat mereka. Ehmmm setelah aku pikir-pikir ulang, ternyata aku punya banyak kekurangan dalam diri sendiri. Terutama untuk hal-hal remeh-temeh yang gak kepikiran sebelumnya.

Hmmm ternyata banyak ajah gituhhh yang aku gak tahu dan perlu pelajari. Mau tahu contohnya??? Harus memberikan sambutan, dan berada dalam suatu lingkup acara yang lebih formal. Icebreaking dengan orang-orang baru, di lingkungan yang baru. Mengendalikan tim, di saat mereka mulai bete, dan kesal dengan beberapa hal. Melihat kebijakan dari atas yang dengan mudahnya berubah. Harus bersikap fleksibel dan kompromi di lapangan atas apa yang telah direncanakan. Padahal seringnya aku itu perfeksionis, semua harus berjalan sesuai dengan yang ada dibenakku. But it is reality…, many things uncontrollable…

Ternyata memang susah menjadi seorang pemimpin, apalagi bila berhubungan dengan kalangan yang berbeda. Selama ini aku biasa berhubungan dengan orang yang sepemikiran, semuanya telah dibentuk dalam sistem yang rapi.

Dan kemarin aku harus bekerjasama dengan orang-orang yang gaya manajemennya berbeda. Hmmm ternyata memang tidak mudah beradaptasi dengan hal yang berbeda dari yang pernah kita tahu. Shocking dan kadang mo ikutan bete juga. Tapi itu kan gak menyelesaikan masalah.

Saatnya aku untuk belajar realita lebih dalam. Saatnya aku keluar dari lingkungan akademis, yang telah mapan secara sistem. Turun dan lihatlah hal lain di luar sana. Banyak hal yang sangat jauh dari ideal. Banyak hal kecil yang kurang aku pikirkan. Karena aku terlalu banyak berpikir tentang hal-hal yang besar...

God... How stupid I am, even I cannot do a very small thing....


Yogyakarta, 170706

No comments: