Saturday, July 29, 2006

Tentang Pilihan…

Sebuah pertanyaan sekaligus pernyataan dilemparkan padaku, “Asal tahu saja, aku tak pernah minta untuk dilahirkan!!!” Pernyataan ini membuatku terusik untuk merenungkannya.

Memang benar kita tidak pernah merasa minta untuk dilahirkan. Di saat-saat sulit, tidak munafik aku kadang berpikiran serupa. Lebih jauh lagi, kita juga tidak dapat memilih dari keluarga seperti apa dilahirkan. Dan kita juga tak diberikan pilihan akan seperti apa kita dilahirkan. Apakah tinggi, pendek, berkulit putih atau hitam. Datang dari ras Cina, Jawa, Eropa atau apapun itu...

Tapi masa iya, hidup hanya untuk mempertanyakan hal semacam itu. Bukankah banyak pertanyaan lain yang bisa dijawab??? Bukankah kita bisa memilih ingin hidup seperti apa, dan kehidupan yang bagaimana???

Sebenarnya kita diberikan pilihan menikmati apa yang kita punya, atau mengirikan apa yang tidak kita punya. Banyak orang mungkin mengirikan yang dimiliki orang lain. Hingga hidupnya banyak dikejar perasaan ketidakpuasan, dan kesedihan.

Namun di sisi lain tentu ada orang yang masih mampu menghargai kehidupannya. Bukankah itu yang didambakan??? Lalu mengapa tak semua orang bisa melakukannya???

Di sinilah pertanyaan ini menjadi menarik??? Apakah beberapa orang ditakdirkan untuk bisa menikmati hidup, dan yang lainnya tidak??? Aku pikir gak gitu deh.. Ini hanyalah proses dalam kehidupan. Proses untuk mau terus belajar, dan belajar mengenali diri dan lingkungannnya.

Sebuah proses memang tak pernah mudah. Tapi yang tidak mudah itu justru akan membawa banyak pembelajaran yang berharga. Kalo begitu mengapa kita terus mengeluhkan banyak hal??? Kalo masih banyak hal yang bisa dinikmati, dan disyukuri???

Kembali lagi, hidup ini adalah pilihan, apakah akan dilewati dengan senyuman atau kemurungan…


Yogyakarta, 280706

No comments: