Thursday, July 06, 2006

When You Help Somebody, You Will Get Even More

Aku ingat sekali kata-kata itulah yang dikatakan seseorang padaku, beberapa tahun lalu. Dia bilang ada banyak hal yang bisa aku lakukan untuk membantu orang lain. Katanya, Tuhan telah memberiku banyak hal, maka seharusnyalah aku membantu orang lain, maka aku akan belajar lebih banyak hal lagi darinya.

Dan ternyata perkataan itu benar banget. Dalam sehari ini saja, setidaknya ada empat orang dengan sangat tulus menawarkan uluran tangannya buatku. Beberapa hari yang lalu, tepat sehari setelah bertemu dosen pembimbing yang mensyaratkan aku mencari data jumlah travel agents di Yogyakarta, seorang teman tanpa sengaja menawarkan data persis seperti yang aku butuhkan.

What amazing life??? Ya aku memang berusaha membantu banyak orang sebisaku, namun aku tak mengharapkan apapun. Ketika aku membantu, dan melihat mereka tersenyum itu sudah memberikan kebahagiaan tersendiri buatku. I just help everybody, to help myself.

Dan ternyata semuanya tak hanya berhenti di sana banyak tangan-tangan lain yang dengan senang hati membantuku di saat yang tepat, tanpa perlu diminta. Mungkin mereka merasa aku telah banyak membantu di masa lalu, tapi aku berpendapat, bukankah itu yang seharusnya aku lakukan???

Dan sangat aneh karena sebelumnya aku menulis tentang seseorang yang mengesalkan, namun aku tetap memaafkannya. Karena aku yakin pasti ada sebab mengapa dia melakukan itu??? Dan aku semakin yakin, aku terlalu berlebihan berprasangka pada orang lain. Aku begitu sadisnya menuduh orang yang melukai perasaanku disengaja atau tidak, adalah orang yang memusuhiku. Orang yang tidak senang dengan keberadaanku. Tampaknya aku harus mulai berani mengekang kebiasaanku berprasangka.

Aku hanya ingin berpikir positif, karena aku tak ingin menggerogoti energi positif dalam diriku. Aku hanyalah makhluk yang kerdil, bila aku tak punya energi positif. Aku hanya ingin memanfaatkannya untuk merayakan setiap kemenangan diriku memerangi prasangka buruk....


Yogyakarta, 040706

No comments: