Saturday, July 29, 2006

Time To Evaluate Myself

Dalam tulisan-tulisan di blog ini, kayaknya aku begitu banyak mengkritik, dan membicarakan orang lain. Lalu bagaimana dengan diriku sendiri??? Apakah aku telah begitu sempurnanya, hingga tak ada lagi yang bisa dikritik??

Tulisan ini ada untuk memberikan keseimbangan. Berani mengkritik orang lain, maka harus mampu mengevaluasi diri sendiri. Begini ceritanya, kemarin baru saja selesai Career Days di MM UGM. Di mana aku menjadi koordinator EO.

Dalam proses kegiatan yang tiga hari itu, aku menemukan ternyata aku punya kelemahan yang fatal dalam berkomunikasi. Saat aku mengkomunikasikan sesuatu, ternyata itu tidak bisa ditangkap dengan baik oleh orang yang kuajak berkomunikasi.

Tentu ini bukan salah mereka yang telmi (telat mikir). Tapi kesalahan ada pada diriku, karena ini terjadi pada banyak orang... lalu aku mengevaluasi diri sendiri, apa yang salah??? Lalu aku menemukan beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Pertama, aku ngomong terlalu cepat. Walaupun aku telah berusaha sekuat tenaga untuk memperbaikinya, tapi perbaikan itu tampaknya belum mencapai level yang memuaskan. Aku masih harus banyak belajar berbicara dengan lebih lamban.

Aku sekarang tahu, bicaraku akan semakin cepat bila emosiku tak terkendali. Ini bisa disebabkan karena kemarahan, atau perasaan gugup. Oleh karena itu aku saat ini lebih banyak belajar, bagaimana mengendalikan emosiku yang mudah meledak-ledak.

Penyebab kedua, tanpa aku sadari, aku terlalu asyik dengan diriku sendiri. Aku mengkomunikasikan sesuatu hanya sebagian-sebagian. Maksudnya, ketika aku ingin mengatakan sesuatu. Beberapa bagian pertama yang ingin disampaikan hanya berhenti dalam otakku, dan tidak aku ungkapkan. Sementara yang meluncur untuk dikatakan adalah sebagian berikutnya.

Ini menyulitkan lawan bicaraku, karena mereka tidak mengerti konteks pembicaraan yang aku maksud. Sementara aku mengira mereka mengetahuinya, karena aku pikir aku telah mengatakan bagian pertamanya.

Sekarang aku baru menyadari, ternyata untuk sebuah komunikasi saja ada banyak hal yang belum aku tahu. Dan hal yang tidak aku ketahui itu, hal yang sangat penting.

I must learn many things and many more in the whole of my life...

Yogyakarta, 290706

No comments: