Wednesday, September 26, 2007

The Hedgehog Concept

Kebetulan sekarang lagi seru-serunya baca buku "Good To Great", karya Jim Collins. Lagi-lagi udah basi sih, soalnya buku ini kan hebohnya udah tahun lau. Tapi mau gimana, baru dapat pinjaman sih hehehe.

Sebenarnya bacanya belum selesai, tapi sudah gak sabar untuk menulis tentang konsep yang menarik dari buku ini, "Hedgehog Concept". Jadi sekarang nulis soal ini dulu, baru nanti review buku keseluruhan.

Jadi intinya(ini sepenangkap aku yah, dengan otak yang cupet, dan bercabang-cabang mikirnya. Secara bacanya, juga sambil ngantuk-ngantuk habis pulang kerja, bahwa yang membedakan perusahaan "Good", dengan perusahaan "Great" adalah perusahaan dalam kategori Great menerapkan Hedgehog Concept. Mereka fokus pada apa yang diyakini sebagai sesuatu dimana mereka bisa menjadi yang terbaik.

Bagi perusahaan-perusahaan Great tersebut, bukan masalah bagaimana menangkap peluang yang datang hanya sekali. Tapi justru sebaliknya, berani menolak kesempatan besar yang hanya sekali seumur hidup, apabila memang itu tidak sesuai dengan tujuan akhir yang ingin dicapai.

Hal ini tentu membutuhkan keberanian luar biasa, karena pasti sangat menggiurkan, dan memberikan keuntungan jangka pendek yang sangat besar. Namun perusahaan-perusahaan tersebut, berani mengambil keputusan yang tidak populer, agar tetap fokus dengan tujuan jangka panjang.

Berhubung, aku bukan pemegang jabatan strategis di perusahaan. Aku lebih merefleksikannya pada diri sendiri. Hmmm, tampaknya aku juga beberapa kali melewatkan kesempatan menggiurkan yang aku anggap itu tidak sesuai dengan tujuan akhir yang ingin aku capai.

Aku selalu terbuka untuk setiap hal, tapi hanya pada hal-hal yang akan menyangga tujuan akhir yang ingin aku capai. Dan saat ini, setelah melalui proses yang panjang, dan pertimbangan akan berbagai hal, termasuk kompetensi, peluang, komitmen, dan sebagainya. Aku menetapkan aku akan menjadi ahli komunikasi pemasaran terbaik di dunia, atau mungkin nanti akan lebih spesifik lagi???


Jakarta, 260907
Siang Yang Melelahkan...

No comments: