Wednesday, September 05, 2007

Perjalanan Panjang Mengenali Diri Sendiri

Hari ini, Ibu Manajer HRD memberikan hasil tes gambar-menggambar. Tahulah gambar-menggambar standar kalo mencari kerja. Dan tahukah apa yang aku lakukan??? Seperti biasa aku membacanya berulang kali. Karena aku merasa perlu untuk mengingat lebih banyak tentang diriku sendiri, dari sudut pandang orang lain.

Kadang aku jadi bertanya-tanya, apakah ini pertanda aku ini pendengar yang baik. Atau kelanjutan dari bakat narsis??? Di mana aku selalu klimaks saat melihat sesuatu yang membicarakan tentang aku hehehe.

Satu hal lagi yang penting adalah, setiap kali ada review semacam ini. Aku selalu berfokus pada kelemahanku. Merasa terobsesi untuk melakukan perbaikan diri, tapi di sisi lain mengalami stres karena ternyata aku kok gak sempurna yah hehehe. Mule deh penyakit perfeksionisnya kumat.

Dan kadang geli sendiri, soalnya aku suka menasihati orang lain untuk tidak perfeksionis. Itu berarti kita sebenarnya mempunyai masalah yang sama hehehe. Aku kok jadi keingetan ma novel "Norwegian Wood" by Murakami. Coz selain ceritanya dibumbui adegan hot...., ada makna yang mendalam, dan menarik kita pada perenungan panjang.

Perenungan itu ya seperti yang aku bilang barusan. Sesama orang yang bermasalah, kita berusaha memberikan terapi dan bantuan pada orang lain. Padahal hal itu sebenarnya juga untuk menterapi dan menyembuhkan diri sendiri... Dan itu lebih efektif untuk keduanya...


Jakarta, 050907
Waktunya Pulang...

No comments: