Thursday, September 06, 2007

"Innerlight" dan Generasi Hibrida

Sudah lama sebenernya mo nulis soal ini. Yayaya, belakangan aku lagi gandrung dengerin musik dance alias lagu ajeb-ajeb. Dan yang menarik adalah seorang DJ bernama Innerlight (gak jelas juga sih gimana yang bener nulis namanya), soalnya cuman sering dengerin ajah namanya dan karnya diputer di radio.

Satu yang unik dari karya-karya DJ satu ini adalah, lagu-lagu ciptaannya menunjukkan hibrida antara musik barat dan lagu tradisional. Karena kita tahu bahwa musik trance kan memang lahir dari kultur Barat. Tapi tunggu sampe Anda mendengar sound-sound yang ada di dalamnya.

Karena di dalamnya, ia memasukkan unsur-unsur musik tradisional. Misalnya sound suling ala musik Sunda, dan gamelan Jawa. Kesan hibrida juga tampil dari judul-judul yang diangkat misal, "Ayun Ambing", "Baratayudha",dan "Spirit of Java".

Dan lagunya bukan hanya digemari penikmat musik ajeb-ajeb dalam negeri, tapi telah merambah ke dunia internasional... Inilah yang aku sebut the real think globally, act locally. Dan dari sini kita belajar, apapun yang kita lakukan sebenernya bisa berkontribusi menjadi duta bangsa, gak perlu menjadi seorang diplomat.

Memang ada beberapa tipe sikap menghadapi geger globalisasi. Pertama, larut selarut-larutnya. Tipe ini yah ya udah, menjadi sangat Barat, dan gak ngerti lagi dengan tradisi warisan bangsa. Tipe kedua, yang juga ekstrim. Menutup sama sekali pengaruh dari luar, karena dianggap mengancam budaya warisan bangsa.

Yang paling akhir adalah tipe hibrida, mereka mampu menyeimbangkan di antara keduanya.Karena percaya keterbukaan membuat kita menjadi berkembang, tapi di sisi lain ada nilai-nilai yang tidak bisa ditinggalkan. Karena bagaimanapun kita lahir di negeri ini, maka kenapa harus malu dengan warisan budaya bangsa. Tapi di sisi lain, kita adalah warga global yang terbuka dengan ide-ide baru.

Dari sini udah ketahuan, aku berada dimana? Kalo Anda masuk kategori mana? Semua sah-sah saja, asalkan tidak terlalu ekstrim dan merasa paling benar, yang berujung destruktif...


Jakarta, 060907
Bentar lagi pulang kantor nich...

No comments: