Wednesday, September 05, 2007

Tuhu Jago Nembang

Hmmm, begitulah yang aku liat di blognya Sarah, untuk link blogku. Makasih ya, buat Sarah yang udah ngelink blogku. Tapi yang menarik disini adalah penambahan "jago nembang"...

Sepertinya bukan cuman Neng Sarah yang mengingat sayah sebagai Si Jago Nembang. Beberapa orang lain juga memberikan testimoni yang sama, baik melalui blog maupun FS. Yang bisa didiskusikan disini adalah, kita harus mempunyai sesuatu yang unik agar kita diingat oleh orang lain.

Menurut aku, setiap orang itu ibarat produk. Begitu banyak produk dan merek yang eksis, dan harus berkompetisi untuk diingat. Kalau sebagai produk kita biasa-biasa ajah, maka orang gak akan ingat kita. Karena memori manusia itu terbatas, sementara informasi yang harus diolah sangat banyak.

Lalu pertanyaan berikutnya??? "Lalu apa yang harus aku jual?, Aku kan gak pinter, aku kan gak keren, aku kan gak bla... bla..." Kita kadang sibuk mencari pembenaran atas apa yang terjadi. Padahal yang dibutuhkan adalah mencari solusi.

Kembali soal bagaimana mengelola diri kita menjadi merek yang hebat. Aku orang yang sangat yakin, semua orang itu unik. Dan seharusnya dia bisa mengembangkan dirinya menjadi orang yang hebat, dengan menggali potensinya masing-masing.

Aku misalnya menemukan, bahwa menembang Jawa membuat aku mudah diingat sebagai sebuah merek yang unik. Padahal bagiku nembang itu biasa ajah. Itu ibarat memiliki sesuatu tanpa usaha yang keras. Yang membedakan hanyalah,aku melihat peluang, bahwa ternyata dengan kemampuan aku ini bisa mendongkrak personal brand-ku. Kalo aku bisa, maka orang lain pasti juga bisa.

Yang paling penting untuk mengetahui kelebihan kita adalah, keluarlah dan beradalah di antara orang lain. Cari tahu apa yang membuat mereka kagum tentang kita. Mungkin saja kita dikagumi sebagai Si pendengar yang baik, dikenal sebagai Si heboh yang meramaikan suasana, Si Puitis yang romantis, atau apapun...

Hmm akhir kata selamat mencari harta karun sendiri deh...


Jakarta, 050907
Sore Telah Menjelang...

No comments: