Thursday, November 22, 2007

Kompas, Koran Tempo, dan Ribu-Ribut Busway...

Beberapa hari yang lalu ribut-ribut dan polemik soal Busway begitu hangat, di tengah Jakarta yang mulai dingin karena musim hujan. Ada yang menarik disini, bahwa ternyata liputan dari kedua koran besar nasional mengenai isu ini hampir bertolak belakang.

Kompas beberapa kali mengangkat tema Busway sebagai biang kemacetan dimana-mana. Semua persoalan kemacetan ditumpahkan ke proyek ini, dan pemerintah yang tidak mendengarkan keluhan masyarakat soal makin parahnya kemacetan akibat proyek ini.

Di sisi lain, Koran Tempomengangkat isu ini, dengan pemberitaan yag lebih berimbang. Koran Tempo melihat, memang terjadi kemacetan akibat proyek ini. Tapi Busway adalah solusi terbaik saat ini, sebelum Jakarta macet total!!!

Dan yang lebih menarik lagi, Koran Tempo menurunkan berita tentang demo masyarakat yang mendukung pemerintah DKI untuk meneruskan proyek Busway. Dan tampaknya berita ini tidak muncul di Kompas.

Pertanyaan berikutnya, ada apa dengan Kompas??? Apakah Kompas memang menyuarakan hanya apa yang ingin didengarkan para pembacanya??? Karena dalam asumsi aku, pembaca Kompas adalah kelas menengah atas profesional yang mapan baik secara intelektual maupun ekonomi, yang tentunya menjadi korban kemacetan proyek Busway. Dan mereka tentunya didominasi golongan yangyukkkk menggunakan kendaraan pribadi.

Pelajaran kedua yang menarik adalah, ternyata betul sekali peran media sangat penting dalam membentuk opini publik. Dan media sekali lagi tidak pernah bebas nilai. Walaupun selama ini Kompas dianggap sebagai media nasional yang paling kredibel dan independen.

Akhir kata, aku perlu menegaskan bahwa aku adalah pembaca Kompas dan Koran Tempo. Namun lebih menyukai Koran Tempo, dengan berbagai alasan yang pernah juga aku tuliskan di blog ini. Di sisi lain, aku adalah pengguna Busway sebagai sarana transportasi favorit. Oleh karena itu sekali lagi mesti ditegaskan, jelas tulisan ini tidak bebas nilai!!!


Jakarta, 221107
Jam Makan Siang...

1 comment:

Anonymous said...

Amiable fill someone in on and this post helped me alot in my college assignement. Thank you for your information.