Friday, February 16, 2007

Approval Syndrom....

Hmmm menarik bangettt, ini baru pertama kalinya aku tahu istilah ini. Ceritanya aku sedang baca biografi Wimar Witoelar yang ditulis oleh Fira Basuki. Dalam salah satu bagiannya, Wimar digambarkan termotivasi berprestasi oleh Approval Syndrome, bukan dorongan untuk menjadi terkenal dan diakui orang banyak.

Nah lhoo, apaan tuh approval syndrome??? Ternyata ini didefinisikan sebagai pencapaian prestasi yang didorong oleh pengakuan dari seseorang. Dalam hal ini Wimar menyebut ibunya. Setiap prestasi yang dilakukannya, semuanya demi membuat ibunya bahagia dan bangga padanya.

So sweet..., jujur ketika membaca bagian ini. Aku menangis deras... Aku teringat dengan almarhumah ibuku. Karena bagiku semua hal yang aku lakukan itu demi ibuku. Sayang... sungguh sayang... Beliau tidak pernah menikmati apa yang bisa aku hasilkan.

Ibu kini aku sudah lulus S2, kini aku sudah bekerja. Seharusnya ibu ikut menikmati gaji pertamaku. Tapi apa boleh buat??? Yang bisa kulakukan hanyalah mengunjungi pusaranya. Terakhir kali aku berziarah adalah seusai aku diwisuda. Dan aku tak kuasa menangkal banjir air mata yang berjatuhan...


Jakarta, 160207
On Boring and Cloudy Day

No comments: