Tuesday, February 20, 2007

Matahari, Dari Berbagai Perspektif...

Hari minggu kemarin aku jalan ke Mall Ambassador. Di sana, aku ngeliat ada gerai Matahari Department Store, di sebuah sudut yang sangat sepi. Lalu aku jadi kepikiran tentang satu hal. Betapa keluasan referensi dan pilihan membuat sudut pandang kita akan sesuatu menjadi berubah. Mengapa begitu???

Begini ceritanya, dulu saat aku masih tinggal di Solo dan Yogya. Kayaknya belanja di Matahari mah udah top markotop. Bangga banget rasanya kalo bisa belanja di sana, apalagi pulang menenteng tas Matahari hehehe.

Karena di daerah, Matahari adalah peritel yang paling besar, dan menawarkan produk dengan kualitas paling bagus. Tak ada pilihan lain untuk berbelanja selain di Matahri. Semua mall besar di Solo bisa dipastikan achor tenantnya Matahari. Ya mo gimana lagi???

Giliran di Jakarta, Matahari hanya menempati mall-mall kelas dua, dan biasanya sepi bangettt. Sangat wajar sih, alasan pertama di Jakarta begitu banyak pilihan. Di sini ada Debenhams, Sogo, Metro, Centro, bahkan sebentar lagi akan ada Seibu (department store dari Jepang) yang akan menjadi tenant di Grand Indonesia.

Alasan kedua, daya beli masyarakat Jakarta memang sangat jauh berbeda dengan daerah lain. Orang Jakarta lebih enteng untuk membelanjakan uangnya untuk produk-produk mahal... That's why I love Jakarta, coz I have the power to buy anything I want hehehe.


Jakarta, 200207
Mananti detik-detik jam makan siang...

No comments: