Wednesday, March 28, 2007

Aku Yang Berubah....

Baru tiga bulan sebenarnya aku berada di Jakarta. Tapi tampaknya memang banyak sekali perubahan terjadi dalam diriku. Perubahan terbesar adalah pada pola konsumsi dan gaya hidup.

Aku membayangkan diriku beberapa bulan yang lalu, seorang mahasiswa dengan uang saku pas-pasan, atau lebih tepatnya disebut kebang-kempis. Maklumlah saat itu aku hanya berharap dari kemurahan hari Orang Tua.

Saat itu, perasaan kebutuhanku tidak beragam. Konsumsi juga seadanya. Alasan pertama karena memang aku tidak punya uang, sehingga berbagai kebutuhan yang bukan prioritas terpaksa diabaikan. Kedua, kebutuhan sebagai mahasiswa memang tidak neko-neko.

Namun kehidupan menjadi berubah setelah aku bekerja, dan bisa menghasilkan uang. Akhir pekan kerjanya jalan-jalan, shopping ke berbagai Mall. Dan pastinya pulang-pulang membawa kantong belanjaan. Hmmm aku ternyata menjadi konsumtif.

Kadang aku berlindung pada alasan tuntutan pekerjaan. Itu ada benarnya juga. Aku sempat berdiskusi juga dengan temanku. Katanya itu wajar, karena kebutuhanku sekarang berbeda, dengan saat masih mahasiswa. Apalagi pekerjaanku di bidang PR, yang banyak ketemu orang, sehingga penampilan yang menarik menjadi modal utama.

Tapi di sisi lain, ini seperti pelampiasan atas tekanan stres pekerjaan, dan tingkat persaingan yang keras di Jakarta. Yayaya, keduanya memang benerrrr. Tapi pada dasarnya sejak dahulu kala, aku memang hobi belanja. Bedanya dulu aku tidak punya uang untuk dibelanjakan, sekarang aku memilikinya. Memang tidak besar banget sih, tapi ini uang yang aku hasilkan sendiri, sehingga aku bebas untuk menggunakan sesuka hati.

Ini adalah sebuah fase baru dalam perjalanan kehidupanku. Aku hanya berharap, aku tidak lupa diri. Mungkin benar aku sekarang menjadi lebih independen. Tapi aku berharap tidak melupakan masa laluku, saat-saat susah dalam kehidupanku. Orang-orang yang pernah berjasa, dan berniat baik menolongku...

Tuhan jadikan aku makhluk-Mu yang tidak mudah melupakan masa lalu...


Jakarta, 280307
Time for reflection of my journey

No comments: