Thursday, March 29, 2007

Distro and Local Empowerment

Hari Sabtu yang lalu, aku membeli kemeja dari sebuah distro di Blok M. Sebenarnya tujuan awal cuman nemenin teman yang memang niat mau beli, tapi ternyata ketularan beli...

Setelah aku pikir-pikir ternyata ada beberapa baju, kaos, dan jaket yang aku punya adalah keluaran Distro. Alasannya pertama, aku suka dengan desainnya yang biasanya ramai. Itu kan aku bangettt.

Alasan kedua, aku merasa dengan membeli produk Distro, konsisten dengan ideologi yang aku anut. Yaitu nasionalisme dan apresiasi pada kreativitas lokal. Mungkin hanya sederhana, membeli sepotong baju.

Tapi pernahkah terpikirkan, dengan membeli sepotong baju itu. Maka kita telah menghidupi banyak orang. Mulai dari para buruh yang membuat bahan pakaian, desainer yang merancang grafis dan gambar pada pakaian, hingga para peritel yang menjualnya.

Dengan membeli produk lokal, maka kita telah menyelamatkan perut sodara-sodara kita. Tanpa harus memberi cuma-cuma pada para pengemis, yang berharap uang tanpa usaha apapun.

Aku bukan berarti anti dengan produk-produk asing. Tapi marilah kita jangan terlalu brand minded. hargailah pula karya kreatif lokal. Karena dengan menghargai mereka, berarti kita menghargai diri sendiri.

Jakarta, 290307
Sedikit Padat Tapi Disempet-sempetin...

No comments: