Tuesday, March 27, 2007

Losari...





Terakhir aku menulis tentang outing ke Losari. Dan kini aku ingin menulis lebih detil tentang Losari Coffee Plantation. Losari bukan hanya menawarkan tempat yang nyaman, dengan pemandangan yang indah.

Tapi pengelolanya mampu mengemas resort ini dengan sangat detil, dan cermat. Mereka menawarkan pada pengunjung berbagai pengalaman, yang mungkin sederhana, tapi mengasyikkan.

Mereka menyediakan paket Coffee Plantation Tour, di mana kita di jelaskan berbagai macam jenis pohon kopi. Kita juga diajarkan gimana sih mereka membuat kopi. Kita juga diperbolehkan mencoba menggiling kopi sendiri. Semuanya serba alami, dan pada akhirnya konsumen jadi tertarik untuk membeli kopi hasil produksi Losari, walaupun harganya beberapa kali lipat lebih mahal.

Belum berhenti sampai di sana para tamu juga bisa mengikuti berbagai kelas kesenian, yang terjadwal selam seminggu. Ada kelas menari Jawa, ada kelas bermain gamelan. Ini tentunya akan sangat menarik bagi para pengunjung Losari yang notabene adalah turis manca negara terutama dari Eropa.

Losari juga menerapkan harmonisasi dengan alam dan masyarakat sekitarnya. Di masing-masing kamar ada semacam leaflet yang menyatakan mereka perduli lingkungan. Mereka menghidupkan lampu secara otomatis dari jam 5 malam samapi jam 5 pagi. Air juga dihemat dengan cara, para tamu yang merasa bed covernya tidak perlu dicuci maka tinggal meletakkan leaflet itu d atas tempat tidur.

Mereka juga menanam sendiri sayuran dan buah-buahan yang disajikan kepada tamu. Pertama ini bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi tamu, karena mereka berada di tenga-tengah tanaman yang mungkin hanya pernah mereka makan tanpa pernah tahu gimana sih sebenernya pohonnya.

Kedua, mereka akan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Ternyata paling tidak ada sekitar 200 orang pekerja di Losari. Tentunya kebanyakan dari para pekerja adalah penduduk lokal. Dengan itu, maka Losari juga meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya...

Akhir kata, ternyata alam negeri ini memang sangat indah. Tergantung bagaimana kita mengemasnya dengan baik, sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Losari telah membuktikannya, semoga lebih banyak lagi para pengusaha di Indonesia yang mampu mengemas sebuah resort seindah Losari. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, maka semakin meningkatlah pendapatan penduduk sekitar dari sektor pariwisata.

Jakarta, 270307
I must force myself to write somethin

No comments: