Thursday, May 24, 2007

Nice Try, French...

Hari minggu kemarin, aku bela-belain datang ke EX Plaza karena akan ada pertunjukan Hip Hop dancer "Pokemon Crew" dari Perancis. Pokemon Crew adalah penari Hip Hop yang sudah mendunia, dan memenangkan berbagi penghargaan dunia. Mereka didatangkan ke Indonesia berkat CCF, dalam kerangka kerjasama kebudayaan Indonesia-Perancis, semacam itulah.

Yang menjadi perhatianku disini adalah, mereka berusaha menekankan pada pesan utama, Perancis itu beragam, dan menghargai perbedaan. Ini terlihat mulai dari pesan yang disampaikan pembawa acara, kemudian penekanan pada tim yang dibawa terdiri dari berbagai ras. Ada yang keturunan Afrika, Asia, Afrika Barat dan yang asli Perancis.

Padahal, kita kan tahu orang Perancis itu jelas-jelas rasis. Kalo memang mereka toleran pada para Imigran, gak mungkin sampe terjadi kerusuhan di beberapa kota di Perancis beberapa waktu yang lalu.

Mana mungkin kita akan percaya kalo Perancis itu gak rasis. Tapi apa yang berusaha mereka lakukan patut dihargai. Masuk melalui pendekatan-pendekatan soft diplomacy, pendekatan kebudayaan dimana orang tidak menyadari bahwa ada propaganda dan cuci otak disana ckckckckck....


Jakarta, 240507
Berusaha sedikit kritis dan menggunakan otak...

No comments: