Wednesday, May 09, 2007

Solo With Its Branding...

Kaget juga beberapa hari yang lalu, ada komentar yang masuk untuk tulisanku tentang "Solo The Spirit of Java". Ternyata komentar itu datang dari regional marketing advisor Solo Raya. Sound interesting, karena jarang sekali di Indonesia pemerintah daerah menyadari pentingnya memasarkan daerahnya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Apalagi ini melakukan pendekatan melalui blog, memantau citra yang selama ini telah terbentuk dengan adanya brand tersebut. Soalnya sorry to say dalam otakku, yang namanya Pemda itu selalu gaptek, gak tahu caranya menjual potensi, dan pokoknya yang begitulah hehehe.

So salut banget buat Solo Raya, yang ternyata cukup serius untuk membangun brand-nya. Saat mengunjungi pameran Inacraft 2007 di JCC, stand Solo Raya terlihat oustanding karena konsisten dengan branding "Spirit of Java".

Aku juga sempat melihat iklannya di beberapa koran nasional, bagaimana pemerintah kota Solo berusaha memperlihatkan bahwa kota Solo sekarang telah maju pesat, dan mempunyai potensi pasar yang besar. Intinya, mereka ingin menarik lebih banyak investor datang beramai-ramai ke Solo.

Aku hanya berharap, branding yang dilakukan ini bersifat konsisten dan berkesinambungan. Membangun sebuah cutra tidak bisa buru-buru, butuh kesabaran dan proses yang panjang. Keterlibatan berbagai pihak juga sangat diperlukan. Karena sebuah kota ditentukan oleh dinamika masyarakat yang berada di dalamnya.

Dan orang hanya akan memahami dan menerima citra yang dipromosikan, apabila you deliver what you promise.

So one question for Solo, Can you deliver the promise? I hope so much, because some of my soul is in there. Most of all my big family breath in there... Solo is the place where I will back after a long journey. Before I will take another long journey...


Jakarta, 090507
Hari Menjelang Gelap...

No comments: