Wednesday, April 30, 2008

Dicari Pemasar yang Melek Teknologi!!!

Yayaya sepertinya kemampuan untuk menguasai teknologi menjadi kompetensi yang sangat penting saat ini. Mengapa??? Karena saat ini konsumen Anda itu sudah begitu canggihnya, dan sangat terbiasa berinteraksi dengan internet. Apalagi apabila produk Anda menyasar generasi muda di bawah 30 tahun. Jadi bagaimana mungkin sebagai pemasar, Anda tidak mengerti tentang perkembangan terbaru?

Misal saja, saat ini konsumen sangat doyan dengan namanya blog, situs pertemanan semacam friendster, facebook, myspace, dll. Mereka juga aktif di berbagai forum, untuk berdiskusi tentang politik, sosial, bahkan produk Anda. Belum lagi era web 2.0 dimana konsumen bisa memberikan komentar langsung atas setiap artikel atau berita.

Sebagai pemasar Anda tentu merasa pusing, kalo Anda tidak tahu hal ini. Jangan sampe Anda hanya berbicara melalui media billboard, tv, radio atau media konvensional lainnya sementara produk Anda dipuji atau dihujat di internet tanpa Anda pernah tahu.

Era internet membawa sebuah revolusi, dimana Anda sedang berdialog dengan konsumen Anda. Anda tidak lagi bisa menjejalkan ke benak konsumen, "Ini lho produk saya yang paling ok". Lalu untuk memenangkan persaingan, berusaha berteriak paling kencang, dengan menggelontorkan anggaran promosi paling gede.

Anda harus belajar untuk berinteraksi dengan konsumen, mendengarkan apa keinginan mereka. Mengucapkan terima kasih apabila mereka memberikan pujian, dan memberikan respon simpatik saat produk dicela. Dan dalam hal ini, ada kompetensi lain yang dituntut dari Anda, yaitu belajar untuk berkomunikasi dengan bahasa yang lebih informal, seperti halnya Anda ngobrol dengan teman Anda. Bahasa yang kaku, dan penuh basa-basi bukan jamannya lagi.

Mereka tidak butuh pemasar yang berlagak manis, tapi terlalu dibuat-buat. Konsumen saat ini sepertinya, membutuhkan seorang pemasar yang memposisikan diri sebagai teman yang mengerti dan memenuhi kebutuhannya.

Saat ini Anda harus belajar mendengar konsumen Anda, dengan kecanggihan teknologi bernama internet. Kalo sebagai pemasar Anda masih gagap dengan ini, bagaimana Anda bisa bersaing dengan pesaing Anda yang lebih agresif??? Setidaknya ini juga yang

Sekarang tinggal memilih, segera belajar teknologi yang sedang digemari, atau produk Anda tinggal sejarah???

Jakarta, 300408
Menanti Jakarta yang Macet...

No comments: