Wednesday, April 27, 2005

Perbincangan Yang Menggelitik

Beberapa saat yang lalu, aku berbincang dengan seorang teman. Hingga sampailah kita pada pokok bahasan mengenai nilai. Seorang temanku nyeletuk, wah yang penting bukan nilai yang paling tinggi, tapi cepat dapat kerja.
Kata-kata itu memberikan efek kejut yang luar biasa. Dan dunia ternyata memang penuh dengan prinsip kebetulan. Di kelas, Dosen juga menyinggung tentang mahasiswa yang mempunyai IPK biasa saja, justru lebih sukses, dan karirnya lebih bagus di banding yang dulu cemerlang secara akademis.
Waduh kayaknya aku semakin kerasa. Tidak ada yang salah dengan perkataan itu. Dan tak ada maksud siapapun untuk menyinggung keadaan orang lain. Namun pernyataan-pernyataan itu mengingatkan kembali keadaan aku. Dengan nilai yang tinggi, ternyata aku memang tak berdaya menghadapi dunia kerja. setahun aku harus menganggur, dan hanya menjadi penonton teman-temanku yang berhasil memperoleh pekerjaan. Untunglah beasiswa UGM, menyelamatkan harga diriku yang sudah carut-marut.
Namun aku tetap pantang menyerah. Ada sebuah misi dalam diri ini yang semakin membara untuk membuktikan bahwa antara nilai yang tinggi dan karir yang cemerlang bisa berjalan seiring.
Walau seperti sudah dikatakan sebelumnya aku telah gagal membuktikan beberapa saat yang lalu. Tapi manusia kan diberikan Tuhan akal, untuk belajar dari kesalahannya. Yang salah bukan nilai tinggi, tapi sesuatu yang tak dimiliki oleh orang yang ber-IPK tinggi dibandingkan dengan orang lain. Dan itulah yang harus aku pelajari. Aku berharap dapat belajar atas kesalahan itu, dan tak membuat kesalahan yang sama.
Semoga tulisan ini akan menjadi bekal sekaligus penyadaran, bahwa ada banyak PR dan pelajaran yang belum tuntas aku pelajari. Aku masih perlu belajar tentang banyak hal, untuk bisa membuktikan pada orang lain.
Semoga suatu saat nanti, mungkin 2 atau 5 atau 10 tahun lagi. Aku akan bisa membuka tulisan ini dengan senyum bangga, karena aku bisa membuktikan sesuatu yang telah kutiliskan.

No comments: