Friday, April 29, 2005

Terinspirasi Bersama Oprah

Bincang-bincang bersama Oprah adalah salah satu acara yang paling aku tunggu. Oprah memang luar biasa. Dia bukan hanya pembawa acara yang baik, tapi juga seorang teman yang baik bagi tamunya. Ia mempunyai empati tinggi pada siapapun yang ia undang dalam acaranya.
Oprah membuat semua orang merasa nyaman berada disampingnya. Dalam waktu yang sangat singkat ia dengan mudah memenangkan kepercayaan orang lain. Dengan melihat acara yang satu ini aku belajar banyak hal, bagaimana menghargai orang lain sebagai individu. Individu yang ingin didengarkan, individu yang membutuhkan seorang teman.
Oprah juga mengajarkan banyak hal tentang kerja keras, dan pantang menyerah. Kehidupan masa kecilnya yang muram, tak pernah ditutup-tutupinya.Ia tidak malu menceritakan bahwa dia pernah mengalami pelecehan seksual berulang kali oleh sepupu, dan pamannya.
Ia tidak malu bahwa kehidupan masa kecilnya penuh dengan kemiskinan,hingga ia perlu kerja keras demi mempertahankan hidup. Namun Oprah yang sekarang, adalah wanita yang kaya raya serta populer.
Oprah yang membangun kesuksesannya dari puing-puing masa lalu yang tidak mudah. Namun ia telah membuktikan ia berhasil keluar dari mimpi buruk itu. Ia dapat berbagi cerita tentang pengalamannya. Justru masa lalu inilah yang mengantarkan dirinya yang saat ini, pengalaman pahit yang pernah dialami membuat ia lebih bisa merasakan penderitaan orang lain. Karena itu mengingatkannya akan masa lalu. Namun ia tak pernah mendendam padamasa lalu itu.
Maka tak heran, sebagian besar dari topik pembicaraan dalam bincang-bincangnya memnbahas orang-orang yang berhasil keluar dari saat-saat tersulit dalam hidupnya. Oprah ingin memberi suatu pelajaran pada kita. Hidup itu memang tak pernah mudah, tapi harus diperjuangkan. Karena siapapun kita, berhak untuk mendapatkan yang terbaik.
Oprah memberikan satu pelajaran lagi, kita bisa sukses tanpa harus mengorbankan oranglain, namun justru maju bersamaorang lain. Keberhasilannyatelah menginspirasi begitu banyak orang. Alangkah sempurnanya kesuksesan yang sperti itu.
Oprah, aku angka topi untukmu....

No comments: