Monday, April 18, 2005

Telenovela Freak????

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kalo aku juga suka nonton telenovela. Tuhu dan telenovela, gak salah tuh? Benar sekali, Anda memang tidak salah. Kan sekali-kali boleh dong bersantai ria menonton telenovela.
Tapi siapa bilang dari telenovela kita tidak bisa belajar sesuatu yang penting. Justru dari telenovela, saya jadi teringat dengan pelajaran semasa kuliah di HI (Hubungan Internasional) dulu. Yang itu-itung mengingat kembali ilmu yang pernah diperoleh.
Saat ini aku sedang getol-getolnya ngikutin telenovela Meksiko "Daniela", yang tayang di Indosiar setiap Senin-Jumat jam 06.30 pagi. Lalu apa hubungannya dengan HI?
Dalam ceritanya ibu tiri Daniela, selalu mendambakan menantu yang kaya, aristokrat, dan terakhir yang menjadi penekanan berambut pirang. Dan bila ditelusuri lebih jauh lagi, rambut pirang adalah impian kecantikan ala Amerika(yang dimaksud adalah Amerika Serikat).
Ini menunjukkan bahwa Meksiko merupakan wilayah di bawah pengaruh Amerika. Meski mereka sendiri berusaha keluar dari wacana itu. Telenovela menurutku merupakan salah satu wujudnya. Mengapa telenovela? Karena telenovela berbeda dengan serial drama Amerika, dia mempunyai ciri kahsnya sendiri. Telenovela tumbuh sebagai subkultur penentangan atas dominasi program televisi Amerika. Sayangnya itu pun gagal.
Salah satu anekdot tentang betapa besarnya pengaruh Amerika bukan hanya pada Meksiko adalah "Mexico are far from God, but near with America".
Oh Meksiko, oh Amerika Latin, sungguh malang nasibmu. Memang sungguh tidak enak hidup dalam bayang-bayang kebesaran orang lain. Tapi memang tak mudah pula untuk lepas dari bayang-bayang itu.

No comments: