Tuesday, September 27, 2005

Agama???

Menarik sekali ada seseorang yang menanyakan mengapa aku tak menulis soal agama? Honestly, aku adalah golongan yang sangat apriori dengan agama. Harus diakui memang agama mengajarkan tentang kebaikan, moralitas, dan ajaran-ajaran ideal lainnya. Tapi cobalah lihat di lapangan. Agama dijadikan alasan oleh sebagian orang untuk pembenaran tindakannya. Kekerasan, perusakan semuanya atas nama agama. Dengan membawa simbol-simbol agama.Peperangan banyak terjadi juga karena membela agama.

Aku lalu berpikir seandainya dunia tanpa agama, mungkin dunia lebih damai. Semua orang tak akan merasa paling hebat dan apa yang diperjuangkan paling benar. Hingga tak perlu ada korban lagi atas nama pembelaan agama. Sejarah terlalu banyak mencatat momen tragis semacam ini.

Lalu apakah aku tak percaya dengan Tuhan? Surely aku percaya, manusia atau apapun pasti ada yang menciptkan. Tapi aku kok memilih untuk tidak berafiliasi terlalu mendalam dengan agama apapun.

Bagi beberapa orang ini mengejutkan. Tapi ya nggak papa, asalkan aku jangan didemo atau apapun untuk ini. Dengan cara ini aku merasa lebih nyaman untuk berhubungan dengan siapapun. Tak pernah merasa takut, atau curiga dengan orang lain.

Aku lebih menyukai kata-kata spritualisme,walau aku belum banyak membaca soal beginian. Yang jelas aku tak dibatasi dengan sekat-sekat tertentu. Yang tahu hubungan antara aku dan Tuhan kan aku sendiri. Apakah aku harus begitu narsisnya menunjukkannya pada orang lain.

Toh menurutku, agama hanyalah salah satu cara untuk menjalin hubungan manusia dengan Tuhannya. Ada banyak cara lain yang berbeda-beda, dan mungkin minoritas, tapi patut dihargai. Manusia kan hanya bisa meraba, berdasar atas akalnya. Jadi siapa yang berhak mengatakan dirinya lebih benar dibanding orang lain. Dengan begitu bukankah manusia tanpa sadar telah mengangkat dirinya sebagai Tuhan???

Dan beberapa tulisan tentang mengapa aku lebih suka tak menjalankan ritual agama akan dirangkai dalam beberapa tulisan berikutnya.

Yogyakarta, 260905

1 comment:

Mochamad Yusuf said...

Kalau duna ini tanpa agama, justru malah kebalikan dari sampeyan pikir. Yakni justru makin banyak kerusakan. Karena sifat hakiki manusia.