Tuesday, September 20, 2005

Burung-Burung Rantau

Judul ini aku pinjam dari salah satu karya YB Mangun Wijaya, yang hingga sekarang masih penasaran untuk membacanya, karena dulu hanya sempat baca sebagian di perpustakaan fakultas Sastra UNPAD.

Namun aku bukan ingin bercerita tentang novel. Aku ingin bercerita tentang teman-teman di HI, yang sangat tepat dikatakan sebagai burung rantau. Kenapa? Karena sebagian besar dari mereka telah menyebar ke berbagai penjuru Indonesia, bahkan dunia. Beberapa bersekolah ke luar negeri, baik di Australia, Jerman, Jepang, ada pula yang baru berangkat ke Rusia. Wow Rusia, cukup aneh bukan???

Mereka juga telah menggeluti berbagai macam pekerjaan mulai dari desainer, asyiknya dunia showbiz, kerennya jadi diplomat, perusahaan MNC, sampe bankir, atau yang menuntut idealisme seperti di INGO atau wartawan.

Wow that amazing, jadi kalo mendengar kabar dari mereka, senang rasanya. Ada banyak referensi tentang banyak hal, kita bisa saling tukar informasi lewat milis. Berbagi pengalaman dari berbagai perspektif.

Ya... sangat jelas sejak kita masuk bersama-sama di HI UNPAD, kita terdidik untuk berjiwa petualangan. Belajar terbang menggapai banyak impian. Belajar untuk menjadi petarung yang handal, tak takut dengan tantangan dan risiko. Kita justru belajar untuk menaklukkan banyak rintangan Karena kuliah di HI sendiri udah kebanyakan masalah he... he...

Beruntung sekali aku punya banyak teman hebat, dalam komunitas ini. Seandainya aku tak bertemu dengan mereka belum tentu aku menjadi seperti yang sekarang. Aku tak bisa mengatakan, apa yang didapat hasil sendiri. Ada faktor lingkungan yang memberikan stimulus dan respon, dari setiap hal yang kupunya. To all my friend, kepakkanlah selalu sayapmu, terbanglah kemana pun jua.

Lalu kita semua akan berbagi tentang perjalanan masing-masing, tentang indahnya negeri sebrang, tentang uniknya perspektif yang berbeda, tentang pengalaman mengasyikkan. Karena mimpi dan jalan hidup kita membawa ke arah yang berbeda, mungkin berlawanan?? Tapi kita tetaplah satu, beridentitas HI UNPAD.

Aku pengin banget someday kita bisa ketemuan bareng lagi, main kartu lagi. Ngocol bareng lagi, atau nonton bioskop se-RT, kayak pas pertama kuliah dulu. Atauuu melanjutkan kebiasaan ABG Bandung, foto-foto di Jonas ha... ha... Masa-masa indah yang selalu dikenang...


Yogyakarta, 200905

No comments: