Tuesday, September 27, 2005

Jamu Selebritisss, Apa Pula Ini???

Mungkin beberapa orang begitu penasarannya dengan “jamu selebritis”. Yang jelas ini singkatan dari janda muda selebritis. Kalo Anda penikmat gossip dan infotainment pasti tahu banget, kalo banyak artis-artis yang bercerai dalam durasi pernikahan yang baru beberapa tahun atau bulan.

Dari fenomena ini kita bisa belajar tentang fenomena sosial. Yang jelas kebanyakan dari perceraian itu disebabkan perbedaan penghasilan antara suami dan istri. Tiba-tiba saja para wanita mempunyai penghasilan yang lebih besar dari suaminya.

Fenomena ini bukan hanya melanda kaum selebritis tapi masyarakat kita secara keseluruhan. Cuman karena mereka selebritis maka mereka lebih terekspos. Dan efeknya adalah konflik dalam rumah tangga.

Pada satu sisi muncul tuntutan yang berbeda dari perempuan masa kini dibanding generasi sebelumnya, karena posisi tawar yang lebih tinggi. Di sisi lain, para lelaki dan masayrakat belum siap dengan fenomena ini.

Para perempuan merasa mereka tak perlu lagi mempertahankan perkawinan mereka yang dianggap tidak bahagia. Mereka tak mau kompromi lagi, karena saat ini mereka tak bergantung lagi secara finansial pada pria.

Di sisi lain pria juga memilih bercerai karena merasa jatuh gengsi ketika istrinya berpenghasilan lebih tinggi. Konflik menjadi lebih runcing karena hal semacam ini menjadi cibiran di masyarakat. Makanya cerai menjadi jalan pintas untuk menyelesaikan segalanya.

Lalu apa dampaknya ke depan? Generasi baru yang frustasi, mengapa? Karena kebanyakan dibesarkan oleh single parent. Mereka kehilangan figur salah satu orang tua. Dan juga menyimpan trauma yang sangat mendalam atas perceraian orang tuanya. Yang mungkin akanmenimbulkan perilaku ekstrim di kemudian hari.
Kekerasan, mudah stres, emosional, frustasi adalah sebagian dampak yang akan terjadi.

Semoga saja itu tak akan pernah terjadi. Sangat menakutkan untuk dibayangkan.


Yogyakarta, 260905

No comments: