Saturday, October 22, 2005

Terkunci Di Kandang Ayam???

Gak percaya??? Yakin banget pasti banyak yang gak bakalan percaya. Tapi ini benar-benar nyata, dan bukan cerita fiksi. Kejadiannya adalah puluhan tahun lalu, kira-kira aku paling baru berumur 3-4 tahun. Dan yang lebih memalukan lagi itu kandang ayam tetangga.

Ceritany adi Sorong, memang kandang ayam biasanya digembok. Karena banyak sekali maling ayam. Nah saat kecil entah kenapa, aku tertarik banget dengan namanya ayam. Kalo ayam mulai masuk kandang, maka ikutlah pula aku masuk ke kandang hanya sekedar ingin tahu, dan memegang ayam-ayam itu.

Dan itu menjadi ritual hampir tiap sore, nah kebetulan hari itu kecelakaan. Hari sudah lumayan gelap, dan si pemilik ayam tak tahulah kalo aku masih tertinggal di kandang. Kejadian itu sungguh membuat malu, tapi tetap saja aku tak menyerah untuk menginspeksi kandang ayam tetangga.

Namun perlu digaris bawahi, aku sama sekali gak pengin nyolong. Maaf aja ya, aku tak punya bakat kriminal he.. he..., aku cuma ingin mengamati perilakunya, apa yang mereka lakukan hanya itu. Lucu sekali ya, kayaknya gak umum buat anak kecil seumuran.

Entah mengapa memang sejak kecil aku begitu ingin tahu banyak hal, sampe sekarang juga masih sehhh (Gitu komentar teman-temanku). Nah waktu kecil, saking tertariknya dengan ayam. Bila ditanya apa cita-citanya, “Mau jadi dokter ayamaru”. Ayamaru sebenarnya adalah suku bangsa yang ada di Irian. Yang aku maksud sebenarnya adalah dokter hewan, karena aku kan senang sekali dengan ayam-ayam saat itu. Maka aku mengasosiasikan “dokter ayamaru” dengan dokter hewan, maklumlah namnya juga anak kecil yang sekolah TK pun belum.

Pikirannya sangat sederhana, enak kali ya... jadi “dokter ayamaru” tiap hari kan bergumul dengan ayam-ayam. Kalo bisa malah tidur pun sekandang sama ayam-ayam he... he...

Kadang bila teringat masa kecil itu, rasanya sangat menggelikan. Kok bisa begitu bodohnya aku ini. Tapi aku gak pernah menyesalinya. Dulu sempat sih merasa itu aib, tapi lama-kelamaan ini justru menunjukkan kalo memang aku sejak kecil mempunyai hasrat keingintahuan yang luar bisa yang harus terpuaskan. Kalo tidak bisa kebawa terus bahkan sampe mimpi segala.

Ehmmm petualangan yang aneh bukan, tapi bukankah hidup sendiri adalah pentualangan? Tergantung apakah kita bisa menarik pelajaran darinya atau tidak. Dan hanya orang bodohlah yang tak mengambil pelajaran atas pengalaman masa lalunya.


Yogyakarta, 221005

No comments: