Thursday, June 08, 2006

Inkonsistensi…

Semalam aku baru saja menulis betapa aku membenci mereka yang terlalu rasional dan kebarat-baratan dalam cara pandangnya. Tapi di sisi lain, aku pikir aku juga seringkali menertawakan mereka-mereka yang suka dengan berbagai acara TV yang menyuguhkan mistik dan sintron religi yang dikemas hiperbola.

Lalu aku bertanya-tanya pada diri sendiri, benarkah aku telah memiliki cara pandang yang konsisten??? Benarkah aku sekonsisten itu hingga berhak mengkritik orang lain???

Entahlah kehidupan terkadang memang penuh paradoks. Seringkali aku merasa ada pertarungan dalam hati kecilku tentang banyak hal. Pertarungan yang sangat klasik, tentang apakah harus konsisten, atau perlu fleksibel.

Ketika aku menjadi lebih fleksibel, perasaan bersalah muncul karena aku telah mengkhianati apa yang selama ini aku yakini. Namun bersikap sebaliknya juga tak menyelesaikan masalah. Berkeras kepala, membuatku tak bisa tidur semalaman berpikir tentang betapa egoisnya aku, tidak mau mendengar pendapat orang lain, dan mengerti situasi yang sedang dihadapi.

Aku tak tahu apakah orang lain juga mengalami hal serupa. Atau aku saja yang terlalu mendramatisir keadaan. Maklumlah aku orang yang paling ahli untuk hal beginian hehehehe.

Hingga saat ini aku masih terus mencari kira-kira formula apa yang paling tepat untuk diri sendiri. Apakah harus menyeimbangkan keduanya, antara pilihan konsistensi dan fleksibilitas??? Atau haruskah bergantung pada kondisi dan situasi??? Kalau memang harus seperti itu, seberapa jauh, dan dalam batas mana boleh, dan tidak boleh dilakukan???

Tampaknya aku harus membuat definisi ulang tentang apa sebenarnya nilai yang aku anut dalam hidup. Karena inilah yang menjadi fondasi untuk segalanya. Agar aku tak selalu kehilangan kendali, dan arahan bagi diri sendiri.

Ehmmm, ternyata aku begitu lemahnya. Bahkan hanya untuk mengendalikan diri sendiri pun aku belum mampu. Lalu bagaimanakah aku akan mampu menjadi pemimpin bagi orang lain???

Sekali lagi aku diingatkan masih begitu banyak pekerjaan rumah bagi diriku sendiri.....


Yogyakarta, 080606

No comments: