Monday, September 04, 2006

Ketakutan???

Setiap manusia pasti punya masalahnya masing-masing. Walaupun apa yang dianggap besar atau kecil bagi masing-masing orang itu berbeda, tergantung pada persepsi tentang apa yang dianggap penting dan tidak penting.

Namun bagaimana bila kita terjebak dalam suatu masalah dimana seakan-akan pilihan yang bisa diambil sangat terbatas??? Risikonya begitu besar, sementara keadaan sedang sangat tidak bersahabat.

Dan kita tetap harus mengambil keputusan untuk hal ini. Kadang aku berusaha melihatnya sebagai sebuah tantangan. Tapi pada satu titik, terkadang daya tahanku jebol juga untuk menghadapi suatu permasalahan.

Apalagi bila ini menyangkut banyak orang. Menyangkut harapan dan ekspektasi orang lain pada diriku. Aku tak akan pernah tega melihat wajah-wajah kecewa orang-orang yang ada di sekelilingku.

Sementara keadaan hanya memberikan ruang gerak yang sangat sempit. Rasanya ingin marah, dan teriak sejadi-jadinya. Tapi apakah itu akan menyelesaikan masalah??? Apakah ini akan membawaku pada titik terang??? Aku yakin tidak.

Namun aku juga takut dan bingung untuk menghadapi hari esok, bila ternyata sesuram yang diperkirakan. Yang bisa kulakukan hanyalah melakukan berbagai antisipasi, dengan segala daya upaya dan kemampuan yang aku miliki, walaupun itu sangat terbatas.

Aku berusaha keras mengurai benang kusut ini satu per satu dengan penuh kesabaran. Selangkah demi selangkah, aku berusaha menapakinya, tentunya dengan penuh perhitungan. Semoga saja akan ada banyak keajaiban di depan seperti yang lalu.

Karena hanya itulah harapan terakhir yang bisa aku lakukan di tengah pilihan-pilihan sulit, dan terbatas yang aku miliki. Semoga aku mampu bertahan di tengah pusaran kegalauan ini.


Yogyakarta, 040906

No comments: