Thursday, October 25, 2007

Maka Dengarkanlah...

Mendengar, ya banyak sekali orang hebat mengajarkan padaku, "Jadilah pendengar yang baik". Sesuatu yang sangat mudah diucapkan, tapi ternyata sangat sulit buat orang dengan superego yang tinngi sepertiku, untuk menjadi pendengar yang baik.

Setelah melalui proses yang panjang, dan berusaha menjadi pendengar. Aku baru tahu, ternyata memang luarrr biasa ketika kita mau mendengar. Pertama, orang-orang menjadi lebih percaya pada kita. Kedua, kita bisa belajar lebih banyak dari orang lain, yang pada akhirnya sangat berguna buat diri sendiri. Ketiga, kalo dulu aku berpikirmenjadi pendengar itu berarti kalah pinter, dan terlihat bodoh.

Ternyata pendapat itu sangat-sangat salah. Menjadi seorang pendengar, berarti kemenangan tersendiri. Karena bisa menahan diri untuk tidak terlihat menonjol. Dan kedua, menahan diri untuk tidak memotong pembicaraan orang lain. Gak tahu, mungkin bagi orang lain ini sesuatu yang gampang. Tapi bagi aku yang bodoh ini, dan baru belajar mengenali dunia. Ini sesuatu yang sangat menarik.

Ini bukan berarti aku telah menjadi pendengar yang baik. Aku hanya mengatakan, bahwa aku telah menjadi pendengar yang lebih baik dari sebelumnya. Aku masih jauh dari sosok pendengar yang baik, maka aku harus lebih banyak belajar...

Jakarta, 251007
On Rainy Day...

No comments: