Monday, January 14, 2008

Aku Cinta Bahasa Indonesia...

Perasaan sedih kembali mengusik, kemarin seorang teman berkomentar, "Yah kok pake Bahasa Indonesia?". Sebuah nada yang mungkin sedikit merendahkan, karena menu di HP-ku sengaja kupilih dengan Bahasa Indonesia. Apakah yang salah dengan Bahasa Indonesia???

Komentar itu hanya salah satu, dari banyak keprihatinan yang kurasakan pada generasi muda Indonesia. Mereka menganggap bahwa Bahasa Inggris lebih keren, dibanding dengan Bahasa Indonesia, sehingga mereka berusaha sebanyak mungkin memakai Bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan.

Coba tengok anak-anak kecil di kota besar yang bersekolah di sekolah internasional. Kebanyakan dari mereka gak bisa berbahasa Indonesia, tapi Bahasa Inggris-nya lancar. Lalu akan jadi apakah nasib bahasa kita???

Justru saat ini, aku membuat gerakan disiplin diri untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap menulis, selalu berusaha mencari padanan dalam Bahasa Indonesia, seminimal mungkin menggunakan istilah bahasa asing.

Sebuah gerakan memang harus dimulai dari diri sendiri, sebelum bisa ditularkan pada orang lain. Karena bangsa ini butuh sosok tauladan, bukan orang yang hanya bisa berbicara. Nah semoga gerakan kecil ini, membawa aku pada jalan yang benar.


Jakarta, 040108
Meratapi Krisis Identitas Bangsa

1 comment:

ademalsasa said...

Aku juga cinta bahasa Indonesia...

misiku:

menghapus TOTAL budaya tolol menyingkat kata seperti SMS

menyadarkan generasi muda Indonesia akan pentingnya bahasa

mengajak generasi muda Indonesia menulis, entah apapun yang mereka suka

itu saja, karena aku juga cinta Indonesia.

Hidup Indonesia! Salam kenal...