Monday, January 28, 2008

Kematian Soeharto...

Aku adalah termasuk orang yang telat tahu kalo Pak Harto sudah meninggal. Tahunya baru kemarin malem dikasih tahu teman, maklum soalnya gak punya TV. Jadi arus informasi agak tersendat hehehe.

Yang membuat aku terkejut, ternyata masih banyak sekali masyarakat yang mendukung Soeharto. Menganggap beliau adalah pahlawan bagi Indonesia. Dan ini bukan hanya dilontarkan oleh generasi tua, yang hidup di era kemakmuran ekonomi pemerintahan Soeharto, tapi juga generasi muda Indonesia. Tolok ukurnya adalah komentar beberapa teman di kantor, dan juga komentar pembaca di Kompas.com, dan berbagai variabel lainnya.

Menurut aku ini adalah hak masing-masing orang, untuk memberikan penilaian. Tapi tetap saja, aku tidak terima kalau Soeharto dianggap pahlawan. Indonesia yang porak-poranda sistemnya, adalah akibat kepemimpinan Soeharto. Indonesia juga harus menanggung hutang luar negeri yang luar biasa besar, akibat Soeharto.

Aku kurang ngerti, apakah bangsa ini kurang kritis dalam memahami suatu masalah. Atau kita memang bangsa yang pemaaf, dan mudah lupa??? Yayaya apapun sebutannya, Soeharto sekarang telah berpulang, lalu bagaimana dengan kasus hukumnya???? Apakah kemudian semua kasus akan ditutup begitu saja??? Sehingga para koruptor akan merasa bahwa bila meraka korupsi, ahhhh paling juga dimaafkan....

Yayaya ini hanya sekedar opini yang melawan arus orang-orang yang mencintai Soeharto.


Jakarta, 280108
Saat Semua Heboh Dengan Pemakaman Soeharto

No comments: