Thursday, January 03, 2008

Anna Karenina dan Prose Pencarian dalam Dunia yang Muram

Akhirnya setelah melalui perjuangan yang panjang, selesai juga aku menyelesaikan dua jilid buku "Anna Karenina" (edisi bahasa Indonesia). Terjawab sudah rasa penasaran mengapa buku ini sangat banyak dibicarakan para pecinta sastra.

Anna Karenina ternyata tidak sesederhana yang aku bayangkan, yaitu sebuah eksplorasi tentang perselingkuhan di era abad ke-19. Lebih dari itu buku ini adalah kritik sosial tentang masyarakat Rusia saat itu.

Tentang pertentangan kelas, tentang muculnya kaum borjuis dan tuan tanah. Tentang kaum aristokrat yang hidup berfoya-foya menikmati warisan turun-temurun. Dan banyak hal lainnya.

Leo Tolstoy memang patut diacungi jempol, karena bukan hanya bisa melakukan eksplorasi emosional masing-masing tokohnya dengan sangat sempurna. Tapi juga mempunyai pengetahuan yang sangat luas dalam berbagai bidang mulai dari dunia sastra, filsafat hingga seni.

Novel ini syarat dengan nuansa ideologis sosial yang membela hak-hak kaum petani, yang kehidupannya dianggap tereksploitasi oleh kaum arsitokrat dan tuan tanah. Tentang pencarian jati diri masing-masing tokohnya.

Novel yang sangat lengkap, dan sangat direkomendasikan untuk dibaca.


Jakarta, 030108
Sore yang Mendung

No comments: