Friday, April 04, 2008

Menulis Blog Tanpa Beban...

Ada sebuah perbincangan menarik. Seorang kolega di kantor ditanya, mengapa belum punya blog? Katanya sedang mencari topik yang pas buat ditulis. Karena tidak mau menjadikan blog sebagai sebuah beban!

Betul sekali, menulis blog itu jangan dijadikan beban. Wong kita menulis bukan untuk penghidupan (alias ngejar fulus). Dan juga menulis blog itu tidak dikejar deadline. Terus menulis blog itu tidak ada ketentuan rigidnya, harus nulis tentang apa. Yang paling penting lagi, nulis blog itu gak ada badan sensornya hehehe.

Maka para penulis blog yang rajin menulis, ya memang mereka yang hobi menulis. Mereka melakukannya dengan sepenuh cinta. Ingin mengeluarkan uneg-uneg, ingin berbagi ilmu, atau mungkin sekedar iseng daripada bengong.

Motivasinya memang bisa bermacam-macam, makanya hasilnya pun beragam. Ada yang tulisannya sangat serius, ada yang campur aduk, kayak blog ini. Ada juga yang seperti diary kehidupan. Ya nggak papa, ini kan ranah yang bebas, dan Sang Penulis punya kemerdekaan penuh atas apa yang mau dia tulis.

Maka jangan heran bila menemukan blog, yang sangat sering diperbarui, sehari mungkin bisa beberapa tulisan. Tapi ada juga blog yang jarang diperbarui, yang mungkin sebulan sekali baru nongol tulisan baru.

Tapi justru disana menariknya dunia blog, dunia yang kasual. Ditulis dengan penuh ketulusan hati, sehingga terasa lebih personal...

Jakarta, 040408
Suatu Sore yang Cerah

2 comments:

Arfin said...

Let your spirit free sih prinsip gw dalam memanage blog.Mau orang bilang tulisan gw kayak apa, bodo amat!

Nulis ya nulis aja tapi emang mesti hati2 juga n argumentasinya jelas biar ga misleading ato misinterpreted.

Anonymous said...

He..He.. Tulisan ini nyindir gue banget hu.. Blog gue dah lupa pula paswordnya..:)

Selalu dengan semangatmu yang tidak pernah padam..
Dian