Tuesday, April 15, 2008

Situs Web yang Membantu Jurnalis...

Dalam komunikasi pemasaran peran seorang jurnalis itu sangat penting. Karena jurnalis itu dianggap sebagai pihak ketiga yang lebih dipercaya oleh konsumen. Makanya tidak heran bila selama ini para jurnalis terutama wartawan ekonomi, selalu diperlakukan dengan sangat spesial oleh para pemasar. Mereka selalu ditaburi dengan doorprize dan goody bag, dan banyak fasilitas lainnya.

Namun ada hal yang kurang diperhatikan oleh para pemasar, yaitu kebutuhan informasi para jurnalis, di situs web korporat. Dalam membuat situs web korporat, terkadang jurnalis belum diperhitungkan sebagai bagian dari stakeholder. Jurnalis itu terkadang membutuhkan informasi yang sangat cepat, karena berbagai sebab, misalnya deadline yang mepet, pihak perusahaan susah dihubungi, dan tidak ada waktu untuk melakukan wawancara, atau mungkin dia ingin menulis untuk media online, misalnya Kompas.com, sehingga ia kadang mencari situs korporat dan memasang link informasi terkait ke situs web korporat.

Oleh karena itu peran situs web korporat menjadi sangat penting, karena saat mencari informasi mengenai suatu produk. Mereka pertama kali akan mencari data di situs korporat. Karena tentunya situs ini memberikan informasi yang lebih terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apabila di situs korporat informasinya tidak lengkap, maka mereka akan mencari ke sumber lainnya, yang mungkin saja ada beberapa kesalahan. Misalnya salah dalam penulisan nama dan gelar pejabat perusahaan, kesalahan penulisan mereka. Ini tentunya sangat merugikan perusahaan.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain situs web, yang memudahkan jurnalis. Pertama, tulislah semua informasi yang kira-kira diperlukan oleh jurnalis, atau hal-hal yang ingin ditulis oleh jurnalis. Kedua, perhatikan penulisan nama-nama direksi dengan benar. Ketiga, simpanlah arsip press release kegiatan yang pernah dilakukan, karena mungkin saja wartawan membutuhkan arsip tersebut untuk menulis. Keeempat, pasang foto terbaru dari orang-orang di perusahaan yang biasanya berhubungan dengan jurnalis.

Sehingga bila suatu hari wartawan membutuhkan foto mereka untuk profil dan sebagainya, dan tidak punya cukup banyak waktu untuk meminta ke perusahaan. Mereka dengan mudah dapat mengunduhnya dari situs web.

Dengan membantu kerja jurnalis, maka Anda sebenarnya membantu diri sendiri. Karena jurnalis yang merasa terbantu dan senang hatinya tentu akan menulis dengan penuh pujian tentang perusahaan dan produk Anda. Bukankah ini yang diinginkan???

Jakarta, 150408
Siang yang Terikkk

No comments: