Tuesday, April 08, 2008

Redefinisi Kompetensi di Era Internet

Beberapa waktu lalu, saat mengundang blogger untuk peluncuran All New Corolla Altis, ada yang mempertanyakan "Apakah konsumen sebodoh itu mempercayai orang yang tidak punya kompetensi di bidang otomotif?"

Lalu saya kemudian bertanya-tanya sendiri, apa sih yang dimaksud dengan kompetensi? Apakah ukuran kompetensi seseorang? Pertanyaan lainnya, seberapa signifikan "kompetensi" ini dimata konsumen internet? Ini pekerjaan rumah yang harus dijawab terlebih dahulu.

Di era media tradisional, seseorang yang memberikan pendapat, review product dan sebagainya hampir dipastikan adalah orang-orang yang mempunyai kompetensi, dalam artian dia punya latar belakang pendidikan yang sesuai, atau pengalaman yang pas dengan bidang yang dibicarakan, atau hal terukur lainnya.

Lalu mengapa menurut saya hal ini tidak relevan lagi di era internet? Pertama, kompetensi dari seseorang sangat diperlukan ketika dihubungkan dengan media tradisional. Mengapa? Karena media itu tugasnya menjual informasi, dan konsumen harus membayar informasi tersebut. Makanya media harus memilih dan memilah, seseorang yang mempunyai kompetensi, dan layak untuk dijual.

Sementara itu di internet, semuanya tersebar dengan gratis. Orang bisa datang untuk mengakses informasi dengan mudahnya, tanpa harus membayar. Dan semua orang pun bisa mempublikasikan apapun tanpa harus melalui sebuah prosedur yang panjang. Tinggal menulis di blog, dan terpampanglah karyanya di internet.

Alasan kedua, perilaku pengunjung internet berbeda dengan media tradisional. Mereka hanya datang untuk membaca sekilas. Orang hanya mementingkan isi, bukan siapa dibalik itu. Orang tidak perduli, apakah penulisnya punya kompetensi atau tidak, yang penting adalah sesuai atau tidak dengan yang dibutuhkan.

Karena perlu diingat bahwa sifat dasar pencarian di internet adalah konsumen yang berperan aktif. Bandingkan dengan media tradisional, dimana konsumen itu bersifat pasif. Mereka hanya menerima, menu informasi yang disediakan dari media tersebut.


Jakarta, 080408
Sebuah Selama Membangun Semangat...

1 comment:

kensinbattosai1 said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/redefinisi_kompetensi_di_era_internet/