Wednesday, June 28, 2006

The Conflicting Interest of US Super Hero

Saat ini aku sedang demam nonton serial Smallville (ini adalah episode awal interpretasi tentang Clark Kent sebelum menjadi Superman). Lalu muncul pertanyaan dalam benakku, kok ada persamaan konflik secara garis besar dengan Spiderman (kayaknya sih..., aku juga belum nonton film Spiderman cuman baca resensinya).

Persamaannya adalah muncul kebingungan pada diri kedua super hero itu untuk memilih kepentingan pribadi, dan kepentingan publik. Dalam hal ini dilambangkan dengan persoalan cinta, dan menyelamatkan umat manusia. Sementara konflik seperti ini, setahuku kok gak muncul dalam tokoh super hero yang diciptakan oleh kreator Asia.

Lalu mengapa??? Hingga akhirnya sampai pada satu kesimpulan bahwa dalam sistem nilai yang dianut oleh bangsa Asia, harmonisasi dengan lingkungan adalah hal yang dijunjung tinggi. Sehingga tidak akan berbenturan kepentingan pribadi, dan kepentingan publik. Karena semua tindakan individu dilakukan untuk masyarakatnya.

Sementara sistem nilai Barat lebih menekankan pada kepentingan individu, maka sosok super hero yang harus memikirkan dan melindungi masyarakat akan berkonflik dengan sistem sosial yang merak anut. Oleh karena itu persoalan ini sering muncul dalam setiap cerita super hero Barat.

Tentu saja ini hanya pandangan pribadi dengan pengetahuan yang sangat terbatas. Tapi paling tidak aku belajar untuk lebih memahami setiap hal dari berbagai aspeknya. Sistem sosial itu memang kompleks, dan akan terefleksi dalam setiap sendi kehidupan.

Aku sering menuliskan dikotomi Timur dan Barat, ini bukan untuk melihat mana yang lebih baik. Namun lebih untuk bisa memahami mengapa seseorang melakukan sesuatu. Bila kita mau belajar memahami, maka kita telah belajar untuk menciptakan dunia yang lebih baik...

Yogyakarta, 270606

1 comment:

Anonymous said...

Hey ωould you mіnd sharіng ωhich blog
plаtform уоu're working with? I'm рlаnnіng to ѕtart my oωn blog in the
neаr future but I'm having a hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I'm lookіng
for ѕοmething uniquе. P.

Ѕ Ѕorry for gettіng off-topic but I had to aѕk!


Feеl free to ѵisit my site: http://Prlog.org/11647957