Wednesday, March 26, 2008

Blogger yang Independen Sekaligus Subyektif

Sebuah judul yang paradoks? Ya memang benar, tapi itulah kenyataan. Blogger itu independen sekaligus subyektif. Sebelum berdebat lebih lanjut, mari kita buat definisi dulu tentang Independen dan Subyektif. Independen dalam artian mereka lebih bebas untuk menentukan apa yang mau mereka tulis atau tidak. Subyektif berarti mereka bisa menulis sesuka hati, apa yang mereka suka ya ditulis sesuai dengan persepsi pribadinya.

Lalu mengapa bisa begitu??? Seorang blogger, merasa dirinya Independen karena menulis blog bukanlah sebuah pekerjaan (paling tidak hingga saat ini. Ingat BUKAN pekerjaan, jadi mereka tidak punya kewajiban sedikit pun untuk menulis. Tidak punya kewajiban untuk datang pada "blogger conference", karena mereka melakukannya bila mereka suka. Ini seperti yang ditulis oleh Wicaksono di Koran Tempo. Tidak akan ada redaktur yang mengejar-ngejar mereka untuk setor berita.

Di sisi lain, apa yang mereka tulis sangatlah subyektif. Karena ujungnya ya itu tadi, tidak ada redaktur yang akan mengedit. Mereka bisa langsung tulis, dan simsalabim tulisan langsung dipublikasikan untuk umum. Blogger juga tidak punya tuntutan etika yang ketat, bahwa mereka harus membuat berita yang berimbang, dan etika lainnya. Karena kalayak pembaca juga mahfum, bahwa tulisan blog adalah pendapat personal.Dan justru itu yang menjadi daya tariknya, karena tulisannya tidak kering, dan punya ruh.

Aku sering menyebutnya sebagai sebuah tulisan dari teman Anda, walaupun itu subyektif tapi terkadang lebih dipercaya. Jadi para pemasar, berhati-hatilah bila ingin mendekati para blogger untuk komunikasi pemasaran. Mereka bukanlah media tradisional. Jadi pendekatan yang dilakukan harus berbeda.

Jakarta, 260308
Di Tengah Koneksi yang Tersendat...

1 comment:

Anonymous said...

Iya tetapi blogger juga harus memahami norma2 yang berlaku di masyarakat. Daripada ngeblog about hal2 negatif, lebih baik ngeblog tentang hal positif bukan? Misalnya about pengembangan diri, terus success story dari orang2 terkenal seperti Abraham Lincoln, Albert Enstein, dlsb. Klo ngeblog cuman berbau kritik, saya rasa semua orang juga mudah, semua orang juga bisa. Tetapi membantu orang banyak, membuat orang lain lebih sukses, itu baru blogger yang luar biasa!! Salam Hangat