Friday, March 28, 2008

Menu Strategi PR Indonesia


Selama ini aku selalu merindukan buku-buku yang mengambil studi kasus lokal, alias dari Indonesia, yang digarap secara konseptual. Buku semacam ini memang sangat langka di Indonesia. Ketika aku kuliah di MM UGM pun, kebanyakan studi kasus yang diberikan adalah studi kasus dari Amerika Serikat. Padahal belum tentu konteksnya sesuai apabila ingin diterapkan di Indonesia.

Buku "Strategi Public Relations" yang ditulis oleh Silih Agung Wasesa, menjawab sudah kerinduanku tentang kasus-kasus negri sendiri, dengan pendekatan konseptual yang kuat. Pengalamannya yang cukup panjang sebagai praktisi PR, dan kemudian konsultan PR di Intermatrix, membuat dia sangat piawai dalam menjelaskan tentang berbagai kasus PR di Indonesia.

Buku ini sekaligus memperkenalkan padaku, bahwa ternyata PR sendiri mempunyai banyak cabang. Bukan hanya sekedar Marketing PR dan Crisis Management seperti yang aku kenal selama ini. Ternyata ada juga strategi PR untuk menggarap channel distribusi, sales, bahkan juga peran PR dalam diplomasi antarnegara dan kasus hukum.

Maklumlah pengetahuanku di dunia PR memang masih sangat sempit, walaupun aku sempat beberapa bulan bekerja di Maverick. Beberapa kasus yang sangat menarik misalnya, Toyota yang menggunakan strategi PR sebelum peluncuran Avanza dan Kijang Inova. Dan berbagai kasus menarik lainnya.

Buku yang sangat mencerahkan, bagi Anda yang baru pada tahap awal belajar tentang PR. Dan ingin mengetahui referensi studi kasus PR di Indonesia.


Jakarta, 280308
Waktu Makan Siang Sudah Habisss

No comments: