Wednesday, March 19, 2008

Mengapa Melirik Blogger???

Banyak pemasar mungkin masih ragu dan apriori untuk mendekati para blogger untuk kampanye pemasaran. Ini sangat tidak mengherankan, karena blogging adalah ranah baru, yang masih asing. Banyak pemasar sangat mengerti, dan terlibat di dalamnya. Tapi jauh lebih banyak mereka yang tergagap, karena blogging adalah sesuatu yang masih sangat asing.

Mungkin disini aku akan berbagi, mengapa para blogger itu penting untuk didekati???
Pertama, blogger punya pengaruh yang sangat besar dikalangan pembaca setianya. Setiap blogger punya penggemar setianya, dan para penggemarnya itu biasanya sangat percaya pada apa yang ditulis oleh para blogger idolanya.

Kedua, tulisan di blog tak akan lekang dimakan waktu, dan juga tak dibatasi oleh geografis. Karena tulisan di blog tidak seperti halnya media konvensional, dimana orang akan membacanya untuk periode tertentu, lalu setelah itu menjadi basi.

Ketiga, tulisan di blog “search friendly”, teknologi digital membuat data yang disimpan sangat kecil, hanya dalam hitungan bit yang sangat ringkas. Dan juga dengan kehadiran mesin pencari, semacam Google, Yahoo dan lain lain, pencarian arsip lama hanya membutuhkan hitungan detik.

Keempat, salah satu tujuan utama konsumen di internet adalah mencari informasi. Terkadang konsumen, mencari informasi sebuah produk di internet, sebelum melakukan pembelian. Apa jadinya bila banyak orang yang mengeluh tentang produk Anda di internet??? Dan tulisan itu muncul di halaman pertama hasil pencarian??? Bagi pemasar itu adalah kiamat, karena konsumen sudah mempunyai persepsi negatif terhadap produk kita.

Jadi apakah Anda akan tetap memandang para blogger hanyalah para penulis narsis, yang tidak penting???


Jakarta, 190308
Kala Internet Sedang Senja Kala…

No comments: