Thursday, March 27, 2008

Consumer Insight dari Internet, Mengapa Tidak?

Internet sebenarnya dunia yang sangat luas. Di mana semua orang bebas bicara, sehingga kadang-kadang apa yang tidak tersampaikan secara langsung akan terlontar di internet. Lihat saja, berbagai fasilitas interaktif, dan sarana berbagi di internet semisal situs pertemanan, forum, blog dll.

Tapi sayangnya selama ini kok tampaknya perusahaan masih adem ayem ajah dengan perkembangan teknologi terbaru ini. Bukankah selama ini, mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD), interview, dan berbagai riset lainnya. Bahkan yang terbaru menggunakan teknik etnografi, dimana pemasar terjun mengamati langsung kehidupan konsumennya. Tujuannya padahala sesederhana, apa sih yang diinginkan konsumen? Dan bagaimana perilaku mereka dalam mengkonsumsi?

Lalu mengapa internet tidak dijadikan salah satu sumber referensi untuk customer insight? Padahal ini kan gratis, ada banyak milis dengan minat tertentu, sama halnya juga dengan forum. Bahkan beberapa produsen sengaja memfasilitasi konsumennya dengan forum khusus yang mereka buat.

Namun sayang sungguh di sayang, beberapa perusahaan belum berpikir jauh kesana. Mereka hanya berpikir dengan banyaknya orang ngumpul, mereka bisa ngirim info iklan dan kegiatan perusahaan, seraya mendapatkan database.

Hmmm, kenapa bisa begitu? Ada beberapa kemungkinan. Pertama, mungkin mereka belum berpikir jauh hingga ke sana. Atau yang kedua, mereka merasa ini bukan bagian dari pekerjaan mereka. Ini gak masuk dalam Key Performance Indicator (KPI) mereka. Hmmm kalo ujungnya yang kedua, maka pihak HRD disini harus bekerja keras, gimana jangan sampai terjadi egoisme antardivisi.


Jakarta, 270308
Nulis Saat Makan Siang

No comments: