Monday, March 31, 2008

Menciptakan Word of Mouth Produk Anda...


Kemarin aku baru saja selesai membaca buku Word of Mouth Marketing yang ditulis oleh Andy Sernovitz. Buku ini membahas tentang bagaimana sebuah produk menggunakan word of mouth atau efek getok tular dalam kampanye pemasarannya.

Menurut Sernovitz, ada lima T yang harus diperhatikan saat melakukan kampanye ini. Kelima hal tersebut adalah, Talker, Topics, Tool, Taking Part, dan Tracking. Talker adalah orang-orang yang akan menjadi perantara membicarakan produk Anda. Talker bisa jadi pelanggan Anda, para pehobi, atau profesional yang mempunyai pengetahuan yang cukup luas tentang bidangnya.

Tapi jangan lupakan juga orang-orang yang baru pertama kali menggunakan produk Anda. Karena terkadang mereka bisa jadi menjadi pengiklan yang paling baik, karena mereka baru pertama kali terpesona dengan produk Anda.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah Topic. Anda harus memikirkan dengan serius, topik apa yang bisa bicarakan tentang produk Anda. Topik ini seharusnya sesuatu yang sederhana, dan memang berasal dari produk itu sendiri. Dalam WOM Marketing, kejujuran merupakan hal yang sangat mutlak, kalau tidak maka kredibilitas produk Anda akan dipertanyakan.

Ketiga, adalah tentang Tools. Tools berbicara tentang segala perlengkapan yang seharusnya disiapkan agar memudahkan konsumen melakukan word of mouth. Misalnya, membuat link send-to-friend di setiap halaman website. Link ini harus memungkinkan seseorang mengirimkannya kepada banyak orang. Kedua, membuat pesan yang termuat dalam satu e-mail, dan pastikan e-mail itu tidak akan berubah apabila di forward.

Keempat, Taking Part, menjelaskan bagaimana seharusnya Anda terlibat dalam proses ini. Buku ini sebenarnya lebih banyak mengambil konteks di internet, karena memang kehadiran internet membuat efek WOM lebih cepat dan luas.

Sernovitz menyarankan agar setiap perusahaan memiliki blog korporat. Dan tidak harus ditulis oleh bagian marketing atau PR, tapi oleh mereka yang punya minat untuk menulis di blog. Perusahaan juga harus melakukan kegiatan rutin setiap hari mengecek apa yang dibicarakan konsumen tentang produk kita.

Apabila ada pemberitaan yang negatif. Maka apa yang harus dilakukan adalah, memberikan respon secepatnya, dan selesaikan masalah. Konsumen yang komplain dan diberikan solusi yang terbaik, akan berubah menjadi konsumen yang menyebarkan informasi positif tentang produk Anda.

Kelima, Tracking. Dengan ini akan memudahkan Anda mengetahui siapa yang menjadi talker produk Anda, topik apa yang menjadi WOM, dan mengetahui apakah Tools yang Anda siapkan bekerja dengan baik.

Satu hal yang menarik dari Tracking yaitu menghitung ROI dari investasi WOM Marketing. Selama ini WOM Marketing tidak pernah diperhitungkan, walaupun menyumbang pendapatan yang cukup besar pada perusahaan. Hal ini disebabkan karena WOM Marketing tidak membutuhkan biaya investasi alias gratis.

Jakarta, 310308
Sebuah Senin di Penghujung Bulan...

6 comments:

Anonymous said...

Tuhu, nice blog nih, gue add ya...

tuhu said...

Makasih udah berkunjung dan ngelink

Retty Hakim (a.k.a. Maria Margaretta Vivijanti) said...

Aku link di Buah Pena ku ya...

Anonymous said...

Silahkan Mbak, dengan senang hati...

win said...

tuhu dulu smpn1 kra solo ya

bisnis bocah said...

Mas,beli bukunya dimana ,menarik juga untuk di baca .