Thursday, August 25, 2005

Crushbone, Indonesia Asli Lho!!!!

Suatu hari aku membaca koran, dan dari sebuah berita aku tahu ternyata Crushbone, sejenis olahraga basket dalam kerangkeng itu asli, dan orisinil kreasi anak negeri. Betapa bangganya aku sebagai anak Indonesia. Ternyata bangsa ini bukan hanya bisa membajak.

Tapi kita juga bisa membuktikan bahwa kita bisa berkreasi, menciptakan sesuatu yang berbeda. Crushbone sendiri katanya telah dimainkan pula di Malaysia dan Singapura. Tambah senanglah aku, karena kreasi anak negeri, juga bisa mendunia.

Aku pikir bangsa ini butuh ide-ide kreatif seperti itu. Kita butuh ide-ide orisinal, agar tak diolok-olok sebagai bangsa penjiplak. Atau bangsa yang hanya bisa mengkonsumsi, dan memakai tapi tak bisa membuat.

Untuk yang terakhir ini, bangsa-bangsa lain tak akan berteriak. Karena justru itu yang mereka inginkan. Indonesia tetaplah menjadi konsumen, bila kita pintar dan mampu membuat sendiri, siapa yang akan membeli produk mereka.

Tapi apa iya kita ingin terus seperti itu? Aku yakin semua komponen bangsa ini tak rela dengan predikat ini. Makanya semua elemen bangsa bangkitlah, ciptakan kreasi yang orisinil pada bidang masing-masing. Kreasi sekecil apapun memberikan sumbangan yang berarti, dan menimbulkan efek berantai.


Yogyakarta, 230805

No comments: