Tuesday, August 30, 2005

Mengulik Desperate Housewives

Jumat minggu kemarin aku nonton serial drama “Desperate Housewives”, yah memang itu bagian rutinitas yang wajib ditonton. Karena serial ini bukan hanya menghibur, tapi mengandung banyak makna yang patut untuk direnungkan.

Namun edisi Jumat kemarin menurut aku menawarkan adegan yang sangat mengesankan. Ketika Lynette salah satu tokoh utama dalam serial itu menangis tersedu-sedu di sebuah lapangan. Lalu dua orang sahabatnya datang menghampirinya, dan menanyakan ada apa gerangan?

Berceritalah ia, bahwa ia merasa kesal karena ia merasa gagal sebagai ibu rumah tangga yang baik, padahal sebelumnya ia adalah seorang wanita karir yang sangat sukses. Ia merasa tak sehebat teman-temannya dalam mendidik anak-anak.

Lalu terbukalah kedua sahabatnya, bahwa mereka berdua pun sempat dibuat frustasi, dan menangis saat anak-anaknya masih kecil. Lalu Lynette pun merasa terhibur karena ternyata ia tak sendiri. Lalu bertanyalah ia, “mengapa kalian tak pernah bercerita?”. “Apakah itu perlu?”, jawab kedua sobatnya.

Apa yang bisa dipelajari adalah kadang manusia tak sesempurna apa yang terlihat. Ada banyak kekurangan dari orang lain yang mungkin kita tak tahu. Dan terkadang kita pun malu untuk mengakui kekurangan diri sendiri.

Pikiran yang bergelayut hanyalah, hanya hal yang baik yang boleh ditampilkan. Kenapa? Toh dengan segala kegagalan, dan kekurangan kita, orang tak akan pernah memandang rendah pada kita.

Sehingga orang lain pun belajar bahwa sebuah pencapaian itu tidak datang begitu saja dan tiba-tiba. Itu membutuhkan proses yang sangat panjang. Ada pengorbanan di sana, ada usaha dan keringat di sana. Dan itu yang perlu ditularkan pada orang lain, jadi bukan hasilnya yang penting tapi bagaimana proses untuk menjadi.

Kalau seseorang hanya silau pada suatu pencapaian. Maka ia hanya akan terus ternina bobok. Ia pikir semua akan mudah. Semua ada jalan pintasnya. Akhirnya hanya ada dua pilihan, melakukan kecurangan atau menyalahkan keadaan.


Yogyakarta, 290805

No comments: