Wednesday, August 10, 2005

Menemukan Talenta dari Kacamata Tetangga

Kadang mengenali diri sendiri melalui orang lain membuat kita merasa sangat takjub. Begitu juga yang aku alami, sangat sederhana sebenarnya. Aku takjub karena tulisan-tulisanku mempunyai dampak yang begitu besar bagi banyak orang.
Beberapa tulisan yang aku buat sempat membuat geger, dalam artian mereka merasa sangat tersentuh oleh tulisan itu. Aku sama sekali tak pernah menyangka dengan komentar mereka, bahwa membaca tulisanku beberapa orang hingga memerlukan menitikkan airmata. Ada pula yang berkata tulisanku sangatlah heroik, mungkin orang yang mengatakan hal itu juga sedang membaca tulisan ini he... he...
Aku merasa takjub karena aku tak pernah berjuang keras untuk itu. Ini bukan dalam arti kesombongan. Ini dalam artian penuh syukur. Sepertinya benar kata seseorang dulu..., kamu telah diberi bakat oleh Tuhan dengan tulisanmu, maka jangan sia-siakan itu.
Mengingat semua ini aku merasa malu, dan sangat bersyukur betapa Tuhan telah memberikan banyak hal bagiku. Hal-hal yang sepertinya begitu melekat dalam diri ini tanpa perlu banyak berusaha. Jangan-jangan masih banyak hal lain yang sebenarnya sebuah potensi yang belum sempat aku garap? Dan tak sepantasnya talenta itu dikubur begitu saja, karena sesuatu disematkan untuk digali dan dikembangkan bukan? Semoga semua talenta yang Tuhan titipkan mempunyai banyak arti bagi orang lain.


Yogyakarta, 100805

No comments: